Text
Study Deskriptif Tentang Pembiayaan Pendidikan Di MTs. Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam
ABSTRAK
Abu Sujak, 2010, Study Deskriptif Tentang Pembiayaan Pendidikan Di MTs. Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing Farid Firmansyah, MM.
Kata Kunci: Pembiayaan, Pendidikan.
Pendidikan selalu diarahkan untuk pengembangan nilai-nilai kehidupan manusia. Di dalam pengembangan kehidupan ini, tersirat pengertian manfaat yang ingin dicapai oleh manusia di dalam kehidupannya. Sehingga apa yang ingin dikembangkan merupakan apa yang dapat dimanfaatkan dari arah pengembangan itu sendiri. Pendidikan Gratis "Kalau ada yang gratis kenapa harus mencari yang mahal” Hemat peneliti, semuanya sepakat dengan kata-kata tersebut. Apalagi disaat Negara sedang dilanda berbagai macam krisis. Kemiskinan dimana-mana, angka pengangguran naik, jutaan anak putus sekolah dan lain sebagainya.
Melihat ke belakang (flash back), penyelenggaraan pendidikan memang memerlukan biaya. Terkadang tidak ada bedanya antara pendidikan yang bermutu atau tidak bermutu. Bahkan, biaya penyelenggaraan pendidikan yang tidak bermutu justru akan lebih mahal dibandingkan dengan pendidikan yang bermutu, dikarenakan banyaknya kegiatan yang harus diurus. Oleh sebab itu, sehingga banyak anak-anak yang tidak bisa menikmati pendidikan lantaran biaya pendidikan (sekolah) yang begitu mahal.
Pendidikan gratis memang menjadi impian bersama dan merupakan garapan banyak orang. Bahkan beberapa orang pemerhati pendidikan telah mendirikan lembaga-lembaga pendidikan alternatif. Bantuan biaya pendidikan dari pemerintah memang sangat diharapkan. Karena sudah menjadi amanah undang-undang dan tanggungjawab pemerintah dalam mencerdaskan bangsa.
Berpijak dari hal tersebut di atas, maka kami mencoba untuk merefleksikan seberapa besar pengaruh biaya pendidikan di MTs. Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Dalam penelitian ini ada 2 fokus penelitian yang menjadi kajian utama, yaitu: 1) Bentuk biaya pendidikan di MTs. Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan, 2) Upaya MTs. Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan terhadap pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah 1. Kepala Sekolah, 2. Guru, 3. Komite Sekolah, 4. Siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan sumber data dokumentasi yang berkaitan dengan pembiayaan pendidikan siswa di MTs. Hidayatun Najah Desa Samiran Kec. Proppo Kab. Pamekasan adalah: 1. Data siswa, 2. Data Guru, 3. Struktur Organisasi, dan lain-lain. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa study deskriptif tentang pembiayaan pendidikan di MTs. Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan sangat memberikan nilai guna dan manfaat terhadap keberhasilan pendidikan siswa baik itu peningkatan mutu pendidikan MTs. Hidayatun Najah.
Dengan demikian, dapat ditegaskan bahwa biaya pendidikan di MTs. Hidayatun Najah sangat berpengaruh sebagai upaya penciptaan anak didik yang berkwalitas sehingga dapat meningkatkan mutu lembaga pendidikan serta dapat meningkatkan semangat belajar anak didik di sekolah.
Tidak tersedia versi lain