Text
Efektifitas Kegiatan Ekstra Kurikuler Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Di SD Banyuajuh 06 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Strata satu (S1) STAIN Pamekasan
ABSTRAK
H. Abd. Kadir. Juni, 2001. Efektifitas Kegiatan Ekstra Kurikuler Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Di SD Banyuajuh 06 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Strata satu (S1) STAIN Pamekasan. Pembimbing : (I) Drs. H. A. Azis Djaja, (II) Drs. H. Dimjati.
Kata-kata kunci : kegiatan ekstra kurikuler, tujuan pendidikan
Judul skripsi ini diangkat dari sebuah latar belakang tentang pentingnya kegiatan ekstra kurikuler dalam pencapaian tujuan pendidikan. Efektifitas dari kegiatan ekstra kurikuler sangat besar manfaatnya dalam mengantarkan anak didik pada pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dalam hal ini penulis perlu mengemukakan indikator-indikator yang dipandang penting sebagai tolok ukur pelaksanaan penelitian, seperti merumuskan masalah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah efektifitas kegiatan ekstra kurikuler dalam pencapaian tujuan pendidikan di SD Negeri Banyuajuh 06 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan ? (2) Seberapa besar efektifitas kegiatan ekstra kurikuler dalam pencapaian tujuan pendidikan di SD Negeri Banyuajuh 06 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan ?
Pada bagian berikutnya penulis perlu melengkapi kajian pustaka untuk memperkaya wawasan baik bagi peneliti sendiri maupun bagi para pembaca yang dimaksudkan untuk mempermudah penulis dan pembaca dalam mengkaji serta memahami isi skripsi ini, sehingga diharapkan para pembaca dengan mudah dapat memberikan respond an pertimbangan pemikiran terhadap temuan-temuan penelitian, di samping untuk penemuan konsep baru. Kajian pustaka dalam skripsi ini difokuskan pada kajian tentang substansi kegiatan ekstra kurikuler dan pencapaian tujuan pendidikan yang meliputi pengertian, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi serta usaha- usaha yang perlu dilakukan.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian sampel. Untuk mempermudah bagi peneliti dalam pelaksanaan penelitian, maka ada studi pendekatan yang digunakan oleh peneliti, misalnya membuat rancangan penelitian, menyusun instrument angket sebagai teknik primer dalam penggalian data yang ditambah dengan teknik-teknik lain (teknik skunder) sebagai pelengkap validitas data temuan penelitian seperti teknik dokumentasi, observasi, dan intervieu, juga tentang teknik analisis data (statistik korelasi product moment).
Setelah penelitian selesai, peneliti menganalisis seluruh temuan data penelitian yang dimaksudkan untuk menguji hipotesis yang diajukan oleh peneliti pada bab satu (Pendahuluan) dengan menggunakan prosedur analisis ilmiah sebagaimana telah digariskan atau ditentukan oleh akademik. Adapun hasil analisis data menunjukkan hasil “r” sebesar 0,576, yang mana lebih besar dari “r” tabel product momentnya. Selanjutnya dari hasil penelitian tersebut penulis perlu memberikan pembahasan kembali terhadap baik dan tidaknya hasil penelitian, variabel apa yang menghambat ataupun yang mendukung signifikansi korelasi antara variabel bebas dengan variabel tergantung, serta variabel apa saja yang tidak terdeteksi pengaruhnya, disini peneliti memberikan respon terhadap kecenderungan variabel-variabel yang tidak terdeteksi agar dijadikan landasan oleh para peneliti berikutmya.
Dari seluruh isi skripsi, kemudian peneliti memberikan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, tentang adakah efektifitas kegiatan ekstra kurikuler dalam pencapaian tujuan pendidikan di SD Negeri Banyuajuh 06 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan ? dan seberapa besar efektifitas kegiatan ekstra kurikuler dalam pencapaian tujuan pendidikan di SD Negeri Banyuajuh 06 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan, sekaligus memberikan saran kepada pihak-pihak yang terkait dengan variabel-variabel yang telah diteliti. Sehingga usaha-usaha yang perlu dilakukan harus lebih luas dengan melibatkan pihak-pihak yang terkait dengan variabel yang diteliti.
Untuk menunjukkan kualitas skripsi ini, maka pada bagian berikutnya penulis perlu menunjukkan validitas temuan dan kriteria sikap ilmiah peneliti, maka peneliti melengkapi skripsi ini dengan beberapa lampiran yang dipandang penting sebagai bukti konkret terhadap objektifitas pelaksanaan penelitian.
Tidak tersedia versi lain