Text
Pengaruh Persiapan Mengajar Guru Agama Terhadap Keberhasilan Proses Belajar Mengajar Di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Sukolilo Labang Kabupaten Bangkalan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Strata satu (S1) STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Abd. Mannan. Juni, 2001. Pengaruh Persiapan Mengajar Guru Agama Terhadap Keberhasilan Proses Belajar Mengajar Di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Sukolilo Labang Kabupaten Bangkalan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Strata satu (S1) STAIN Pamekasan. Pembimbing : (I) Drs. H. Dimjati, (II) Drs. H. A. Azis Djaja.
Kata-kata kunci: pengaruh, persiapan mengajar guru agama, keberhasilan proses belajar mengajar.
Judul skripsi ini diangkat dari sebuah latar belakang tentang pentingnya persiapan mengajar bagi guru agama dalam rangka mencapai keberhasilan proses belajar mengajar. Efektifitas dari persiapan mengajar bagi guru agama sangat besar manfaatnya dalam mengantarkan anak didik pada pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dalam hal ini penulis perlu mengemukakan indikator-indikator yang dipandang penting sebagai tolok ukur pelaksanaan penelitian, seperti merumuskan masalah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh persiapan mengajar guru agama terhadap keberhasilan proses belajar mengajar di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Sukolilo labang Kabupaten Bangkalan ? (2) Seberapa besar persiapan mengajar guru agama terhadap keberhasilan proses belajar mengajar di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Sukolilo Labang Kabupaten Bangkalan ?
Pada bagian berikutnya penulis perlu melengkapi kajian pustaka untuk memperkaya wawasan baik bagi peneliti sendiri maupun bagi para pembaca yang dimaksudkan untuk mempermudah penulis dan pembaca dalam mengkaji serta memahami isi skripsi ini, sehingga diharapkan para pembaca dengan mudah dapat memberikan respond an pertimbangan pemikiran terhadap temuan-temuan penelitian, di samping untuk enemuan konsep baru. Kajian pustaka dalam skripsi ini difokuskan pada kajian tentang substansi persiapan mengajar guru agama dan pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar yang meliputi pengertian, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi serta usaha-usaha yang perlu dilakukan.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian populasi. Untuk mempermudah bagi peneliti dalam pelaksanaan penelitian, maka ada studi pendekatan yang digunakan oleh peneliti, misalnya membuat rancangan penelitian, menyusun instrument angket sebagai teknik primer dalam penggalian data yang ditambah dengan teknik-teknik lain (teknik skunder) sebagai pelengkap validitas data temuan penelitian seperti teknik dokumentasi, observasi, dan interview, juga tentang teknik analisis data.
Setelah penelitian selesai, peneliti menganalisis seluruh temuan data penelitian yang dimaksudkan untuk menguji hipotesis yang diajukan oleh peneliti pada bab satu (Pendahuluan) dengan menggunakan prosedur analisis ilmiah sebagaimana telah digariskanatau ditentukan oleh akademik. Adapun hasil analisis data menunjukkan hasil “r” sebesar 0,576, yang mana lebih besar dari “r” tabel product momentnya. Selanjutnya dari hasil penelitian tersebut penulis perlu memberikan pembahasan kembali terhadap baik dan tidaknya hasil penelitian, variabel apa yang menghambat ataupun yang mendukung signifikansi korelasi antara variabel bebas dengan variabel tergantung, serta variabel apa saja yang tidak terdeteksi pengaruhnya, disini peneliti memberikan respon terhadap kecenderungan variabel-variabel yang tidak terdeteksi agar dijadikan landasan oleh para peneliti berikutnya.
Dari seluruh isi skripsi, kemudian peneliti memberikan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, tentang adakah persiapan mengajar guru agama terhadap keberhasilan proses belajar mengajar di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Sukolilo Labang Kabupaten Bangkalan ? dan seberapa besar persiapan mengajar guru agama terhadap keberhasilan proses belajar mengajar di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Sukolilo Labang Kabupaten Bangkalan, sekaligus memberikan saran kepada pihak-pihak yang telah diteliti, tentang pentingnya persiapan mengajar bagi guru agama sehingga usaha-usaha yang perlu dilakukan harus lebih luas dengan melibatkan pihak-pihak yang terkait dengan variabel yang diteliti.
Untuk menunjukkan kualitas skripsi ini, maka pada bagian berikutnya penulis perlu menunjukkan validitas temuan dan kriteria sikap ilmiah peneliti, sehingga pada bagian berikutnya peneliti melengkapi skripsi ini dengan beberapa lampiran yang dipandang penting sebagai bukti konkret terhadap objektifitas pelaksanaan penelitian
Tidak tersedia versi lain