Text
Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Fiqih di MI Miftahul Ulum Sek Gersek Sumber Sari Palengaan Laok Palengaan Pamekasan
ABSTRAK
Fitriyatun, 2013, Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Fiqih di MI Miftahul Ulum Sek Gersek Sumber Sari Palengaan Laok Palengaan Pamekasan, Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr. H Muhammad Kosim, M.Ag
Kata Kunci, Kompetensi Profesional, Hasil Belajar, Fiqih
Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Seorang guru dalam dunia pendidikan memegang peranan yang besar dan strategis dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah atau lembaga. Hal ini disebabkan gurulah yang berada di barisan terdepan dalam pelaksanaan pendidikan. Oleh karena itu, tujuan suatu lembaga atau sekolah dapat dicapai dengan maksimal apabila tenaga guru memiliki kompetensi-kompetensi yang telah ditetapkan salah satunya kompetensi profesional. Apabila guru sudah memiliki kompetensi profesional, maka akan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan belajar peserta didiknya.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,yaitu (1) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa di MI Miftahul Ulum Sek Gersek Sumber Sari Palengaan laok Palengaan Pamekasan tersebut?,(2) Seberapa besar pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa di MI Miftahul Ulum Sek Gersek Sumber Sari Palengaan Laok Palengaan Pamekasan tersebut?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI yang seluruhnya berjumlah 50 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi, di mulai sejak bulan Januari sampai Maret. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data statistik dengan teknik korelasi product moment sebab penelitian ini ingin mencari hubungan dua variabel.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) ada pengaruh antara Kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Fiqih di MI Miftahul Ulum Sek Gersek Sumber Sari Palengaan laok Pamekasan. (2) Hal ini dibuktikan dari hasil analisi data yang menunjukkan bahwa hasil “r” kerja (0,687) lebih tinggi dari “r” product moment, baik pada taraf kepercayaan 95% yaitu 0,297 maupun pada taraf kepercayaan 99% yaitu 0,361. Setelah di konsultasikan hasil "r" hitung dengan tabel interpretasi ini, maka diketahui bahwa hasil "r" kerja (0,687) bergerak antara 0,600 sampai dengan 0,800.
Dengan demikian pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Fiqih di MI Miftahul Ulum Sek Gersek Sumber Sari Palengaan laok Palengaan Pamekasan berada pada kadar cukup tinggi
Dari hasil penelitian di atas di sarankan 1.Melihat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar maka diperlukan berbagai upaya agar siswa dapat belajar secara optimal seperti peningkatan kompetensi profesional yang dimilikinya, peningkatan sarana dan prasarana yang menunjang terlaksananya proses belajar mengajar serta perlunya bimbingan dan motivasi dari guru kepada siswa agar motivasi belajar siswa tetap kuat sehinga hasil belajarnya meningkat. 2. Kepada semua siswa, khususnya siswa yang ada di MI Miftahul Ulum Sek Gersek Sumber Sari Palengaan laok Palengaan Pamekasan ini , untuk lebih meningkatkan semangat belajar serta rajin dan giat belajar guna mencapai keberhasilan di dalam belajar.
Tidak tersedia versi lain