Kata Kunci: Pembelajaran, Anak Usia Dini, Karakter Religius Pembelajaran sebagai pondasi utama dalam pengembangan pendidikan bagi anak usia dini diidentikan dengan pengajaran yang merupakan upaya untuk membelajarkan siswa. Upaya menginternalisasikan nilai-nilai karakter religius pada diri anak sehingga mampu tercermin dalam perilaku mereka, maka diperlukan suatu penciptaan suasana religius…
Kata Kunci: nilai-nilai integritas, anak dalam keluarga, kitab Athfāl al-Muslimīn Kaifa Rabbāhum al-Nabi al-Amīn. Islam dengan ajarannya yang kompleks memberikan porsi khusus mengenai pendidikan anak dan pembentukan kepribadiannya. Tugas mendidik dan membentuk kepribadian tersebut telah dicontohkan langsung oleh Rasulullah sebagai pembawa risalah Islam untuk dapat diteladani oleh pener…
Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Habituasi, Disiplin Pendidikan karakter merupakan bagian penting dalam sebuah sistem pendidikan Islam. Melihat beberapa peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini dengan fakta merosotnya moral anak bangsa yang disebabkan salah satunya oleh banyak sekolah Indonesia yang hanya menjadikan sekolah sebagai tempat pemindahan pengetahuan baik secara umum ataupun etik…
Kata Kunci: Tujuan Pendidikan, Ta‘līm al-Muta‘allim, Kurikulum Merdeka. Kitab Taʻlīm al-Mutaʻallim adalah karya Imam Az-Zarnuji yang memuat seputar pendidikan. Pendidikan menurut pandangan Syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta‟limul Muta’allim dapat dipetakan menurut komponen pendidikan, yaitu kurikulum, tujuan pendidikan, guru sebagai pendidik, murid sebagai terdidik, serta metode p…
Kata Kunci: Pendidikan Anak, Musthafa Al-Adawi, Fiqhu Tarbiyah Abna’ Kitab Fiqhu Tarbiyah Al-Abna’ wa Thaifah min Nashaihi Al-Athibba’ adalah salah satu karya Musthafa Al-Adawi yang memuat seputar pendidikan anak dimana masalah pengasuhan anak merupakan masalah yang urgen di negeri ini. Program-program pembangunan yang kini sudah dan sedang berjalan termasuk bidang yang menyangkut ma…
Kata Kunci : Penguatan Karakter, Santri, dan Rotibul Haddad Penguatan karakter santri merupakan langkah preventif dalam rangka memberikan proteksi garda terdepan terhadap para generasi muda bangsa ini, hal tersebut tentunya berangkat dari beberapa fenomena miris kaitannya dengan lemahnya karakter atau dekadensi karakter yang ditandai dengan beberapa penyimpangan-penyimpangan yang terjadi d…
Kata kunci: Tabārak, Ummī, Griya Qur’an Maraknya lembaga-lembaga Pendidikan non formal yang berorientasi pada Al-Qur’an akhirakhir ini menjadi topik yang perlu didiskusikan, khususnya di daerah Pamekasan. Mayoritas lembaga-lembaga tersebut menerapkan sistem belajar Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummī. Namun terdapat satu lembaga yang mengkomparasikan dua metode berbeda sekaligu…
Kata Kunci: Pembelajaran, Ta‘līm al-Muta‘allim, Humanistik, Merdeka Belajar. Kitab Taʻlīm al-Mutaʻallim yang ditulis oleh Imam Az-Zarnuji termasuk karya klasik, karena konsep pembelajarannya berpegang teguh pada etika (akhlak). Walaupun demikian, secara faktual kitab ini sampai sekarang masih dikaji dan dijadikan rujukan penting dalam kegiatan pembelajaran, khususnya di pesantren. …
Katakunci: pendidikan ramah anak, parenting Islami. Konteks penelitian ini didasari oleh kondisi pendidikan yang saat ini krisis adab dan etika yang baik, banyak menimbulkan perundungan di lembaga pendidikan seperti kekerasan antar siswa, pelanggaran aturan-aturan sekolah dan lainnya yang bersifat negatif. Sehingga lembaga membutuhkan strategi untuk menurunkan angka perundungan di sekolah …
Katakunci : metode pembelajaran, aqidah akhlak. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, dapat meningkatkan minat motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran aqidah akhlak, yang mana guru dapat menumbuh kembangkan minat belajar siswa dan guru dapat menghilangkan rasa jenuh dan bosan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Sehingga siswa dapat bersemangat dan antusias dalam …
Kata Kunci: Pengembangan, Madrasah, Kelas Unggulan. M2KD di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata ialah salah satu pendidikan formal. M2KD sebagai pendidikan formal selalu hadir dengan sejuta inovasinya, dapat memberi warna baru bagi pendidikan Indonesia, baik sistem pembelajaran tradisional hingga moderen. Inovasi itu ada bukan hanya dalam segi pembangunan fisik saja, tapi pembaharuan d…
Kata Kunci: Aqidah Ahl al- Sunnah wa al-Jama’ah, Langgar Miftahul Ulum Nyantren Eksistensi langgar yang merupakan sebagai salah satu tempat pendidikan keagamaan khususnya bagi masyarakat pedesaan, perlu ikut serta berpartisipasi bersama lembaga-lembaga pendidikan lainnya dalam menanamkan serta meningkatkan kualitas pendidikan ummat islam, khususnya yang berkaitan dengan Aqidah/ keyakina…
Kata Kunci: Revitalisasi, Pendidiakan Islam, dan Budaya Islam Madura Revitalisasi pendidikan Islam salah satu upaya untuk memperbarui, memperbaiki, dan meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Diantara budaya Islam yang khas budaya Madura, yang memiliki keunikan tersendiri dalam praktik keagamaannya. dengan revitalisasi pendidikan Islam dalam budaya Islam Madura memiliki tujuan untuk menghas…
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan, Karakter Profetik, Novel Biografi. Novel biografi yang ditulis Sibel Eraslan menjadi tawaran baru untuk mendalami nilai-nilai Pendidikan karakter profetik dalam sebuah novel, bukan hanya dalam buku ilmiah melainkan menemukan karakter profetik dalam sebuah novel juga bagian yang langka dan mudah dicerna bagi sebagian orang. Latar belakang muda di era yang…
Kata Kunci: Metode, Guru Pendidikan Agama Islam, Ubudiyah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode guru pendidikan agama Islam yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran untuk meningkatkan ubudiyah bagi anak berkebutuhan khusus, sehingga nantinya para anak memiliki kemauan dan kemampuan untuk menjalankan ibadah keagamaan yang telah di ajarkan dalam kehidupan sehari-harinya. Ad…
Kata Kunci : implementasi kitab, Futūh al-Mannān, Nubdah al-Bayān Penerapan berbagai model pembelajaran dalam memudahkan pengkajian kitab kuning telah banyak diluncurkan oleh pesantren-pesantren masa kini. Di mana pembelajaran kitab kuning telah melegenda dan menjadi ikon pesantren sejak dahulu. Oleh karena itu, sangat penting menciptakan pembelajaran kreatif dan inovatif sebagai solusi…