Kata Kunci: Pencak Silat Tapak Suci, Perilaku Toleransi. Pencak silat memiliki arti nilai-nilai tradisional dan tidak terlepas dari budaya masyarakat untuk mewujudkan berperilaku toleransi dengan cara penanaman pola pikir atau mindset yang bertoleransi dan saling menghargai antar perguruan pencak silat lainnya, sesama pesilatnya dan bersikap pengertian diantara perguruan lainnya, janga…
Kata Kunci: Radikalisme, Pendidikan IPS Penelitian ini dilatarbelakangi dengan upaya seorang guru mata pelajaran IPS untuk meningkatkan wawasan kebangsaan anak-anak didik agar terhindar dari sifat yang mengarah ke radikalisme. Di antaranya yaitu toleransi, tidak menghargai tindakan kekerasan dan lain sebagainya. Makanya upaya guru IPS itu memberikan yayasan plural terhadap anak didik, …
Kata Kunci : Majlis Ta’lim Jamiatul Muslimin, Solidaritas Sosial Untuk menjalani kehidupan bermasyarakat tentunya senantiasa harus mempunyai sifat sosial terhadap satu dengan yang lain, dan juga sebagai manusia yang hidup bersama juga harus mempunyai sikap yang baik terhadap sesama, harus saling membatu satu sama lain, dalam pencapai tersebut perlu bimbingan seperti adanya organisasi Majlis …
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Prestasi Siswa Strategi dan model pembelajaran yang baik, tepat serta efesien sangat dibutuhkan untuk tercapainya kegiatan belajar mengajar khususnya dalam mata pelajaran IPS yang aktif dan inovatif yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan pendekatan model pembelaja…
Kata Kunci: Upaya, Personil Sekolah, Pribadi Sosial Fenomena yang terjadi di SMP Nurul Hikmah Blumbungan Larangan Pamekasan ialah terdapat sebuah kerjasama antara personil sekolah dalam melakukan kegiatan layanan bimbingan yang diberikan kepada peserta didik untuk mengembangkan pribadi sosial peserta didik. Tugas guru bukan hanya menyampaikan materi pelajaran tetapi guru juga memberikan laya…
Kata Kunci: Strategi, Motivasi, Belajar Rendahnya motivasi belajar mahasiswa Tadris IPS semester 5 dapat terlihat dari rendahnya tingkat partisipasi aktif mahasiswa didalam kelas saat pembelajaran berlangsung dan juga dapat terlihat dari menurunnya indeks prestasi kumulatif yang mereka miliki. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam peneliti…
Kata Kunci: Media VCD, Mata Pelajaran IPS, Motivasi Belajar Media VCD merupakan salah satu media audio visual yang bisa digunakan dalam membantu proses belajar mengajar. Ada tiga permasalahan yag menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) untuk mengetahui peranan media pembelajaran VCD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan…
Kata kunci: Pembelajaran Daring, Minat Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial Semenjak adanya pandemi COVID’19, pemerintah kemudian menerapkan beberapa kebijakan untuk melakukan aktifitas di rumah, salah satunya yaitu menerapkan kebijakan Pembelajaran Daring. Pembelajaran daring di sini merupakan pembelajaran yang dilaksanakan melalui bantuan media teknologi, seperti menggunakan a…
Kata Kunci: Daya Tarik Siswa, Metode Tanya Jawab Guru harus mampu memberikan pelajaran yang baik kepada siswa dengan berbagai metode yang dapat membantu proses pembelajaran salah satunya dengan metode tanya jawab. Penggunaan metode tanya jawab biasanya baik untuk maksud-maksud yang diperlukan untuk menyimpulkan atau mengikhtisarkan pelajaran atau materi yang dibaca. Dengan di bantu tanya j…
Kata Kunci: Penilaian, Kurikulum 2013, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana penilaian berbasis kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS yang dilakukan guru IPS di kelas VII MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean; Kedua, Problem apa saja yang dihadapi oleh guru IPS dalam melaksanakan penilaian berbasis kurikulu…
Kata Kunci : Media visual grafis cetak, Pembelajaran IPS Pada setiap pembelajaran, tentunya membutuhkan kreativitas guru dalam menyampaikan materi kepada siswanya, misalnya dengan memanfaatkan media visual grafis cetak pada pembelajaran IPS. Berdasarkan observasi awal, guru IPS kelas VIII di SMPN 8 Pamekasan telah memanfaatkan media visual grafis cetak saat pembelajaran IPS berlangsung, se…
Kata Kunci : Peran Guru, Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial. Keberhasilan suatu pempelajaran tak lepas dari peran guru sebagai seorang pendidik di lingkungan sekolah. Dalam proses pembelajaranya, guru dituntut untuk memiliki kemampuan meningkatkan kualitas pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang kondusif dan berkualitas pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Tahfidz …
Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Peningkatan sikap Hormat, dan Saling Menghargai. Ada dua fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana peran guru IPS dalam meningkatkan sikap hormat dan saling menghargai di kelas VII MTs Miftahul Ulum Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan? Kedua, Apa saja kendala yang dihadapi oleh guru serta solusinya da…
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Ilmu Pengetahuan Sosial, Covid-19 Dalam mencegah terjadinya penyebaran covid-19 di Indonesia, Kemendikbud, Nadim Makarim mengharuskan untuk merubah sistem pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka di sekolah kini pembelajaran dilakukan secara daring (online). Selain itu, pembelajaran daring tentunya menjadikan pengalaman baru bagi guru dan peser…
Kata Kunci: Keaktifan siswa, model pembelajaran cooperative learning, metode sosiodrama. Keaktifan siswa sangat penting dalam sebuah pembelajaran, terkadang kekatifan siswa sangat dipengaruhi bagaimana cara guru dalam menerapkan model pembelajaran, seperti halnya model pembelajaran cooperative learning dengan menggunakan metode sosiodrama ini, hal ini sangat efektif untuk diterapkan da…
Kata Kunci: Upaya Guru, Integrasi Sosial, Pembelajaran IPS Manusia dalam kehidupan sehari-harinya selalu membutuhkan orang lain, oleh karena itu manusia disebut dengan makhluk sosial. Dalam kehidupan sosial, tidak semua interaksi akan berjalan dengan baik, apalagi manusia yang hidup dalam kelompok wilayah tertentu dengan perbedaan-perbedaan yang sangat jelas antar sesamanya. Hal ini sebaga…
Kata Kunci : Problem Based Learning, Televisi, Pembelajaran IPS Salah satu permasalahan yang sering muncul dan mempengaruhi proses dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS adalah permasalahan yang berkaitan dengan ketidaktepatan dalam penggunaan strategi, metode dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menja…
Kata Kunci: Perpustakaan Sekolah, Media Pembelajaran, Mata Pelajaran IPS. Perpustakaan sekolah merupakan media atau jembatan yang menghubungkan antara sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Karena karya hasil pemikiran para ilmuwan yang dituangkan dalan bentuk tulisan baik berbentuk cetak seperti buku, jurnal, artikel, buletin dan lainnya maupun non cetak yang disimpan di dalam sebuah perpus…