Kata Kunci: Strategi Guru, Entrepreneurship, Anak Usia Dini Kegiatan pembelajaran dalam mengenalkan entrepreneurship pada anak usia dini sangat penting dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai entrepreneurship pada anak. Pembelajaran entrepreneurship yang ditanamkan sejak dini dapat membentuk anak menjadi pribadi yang kreatif dan nantinya juga dapat menjadi modal utama produktivitas serta kem…
Kata kunci: Perkembangan Bahasa Anak, Metode Permainan Tebak Gambar Perkembangan bahasa pada anak adalah meningkatnya kemampuan bahasa dalam berkomunikasi baik secara lisan, tertulis maupun menggunakan tanda-tanda atau isyarat dengan melakukan interaksi di kehidupan sosialnya. Sedangkan metode bermain tebak gambar adalah metode pembelajaran dalam menebak kata dan gambar dengan mendeskripsik…
Kata Kunci: Penerapan Kegiatan Bercocok Tanam, Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Perkembangan motorik pada anak merupakan salah satu aspek yang selalu menjadi perhatian utama bagi orangtua maupun pendidik. Setiap Pendidik atau lembaga untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak Yang sering dilakukan adalah dengan pemberian kegiatan olahraga. Namun di RA Al-Fawaid u…
Kata Kunci: Konsep Pendidikan Akhlak Anak Dalam Surah Luqman Ayat 13-19 Telaah Tafsir Al-Misbah Ada dua permasalahan yang menjadi fokus utama dari penelitian ini, yakni: 1. Bagaimana konsep pendidikan akhlak anak dalam (Al-Quran) Surah Luqman Ayat 13-19 (ulasan pemikiran dalam Tafsir (Al-Quran) Misbah)? 2. Apa nilai pendidikan yang terkandung dalam (Al-Quran) Surah Luqman Ayat 13-19? Pen…
Kata Kunci : Peran Orang Tua, Pendidikan Seks, Anak Usia Dini Pendidikan seks bisa diberikan oleh orang tua saat anak baru lahir, dan waktu yang paling tepat ketika anak berusia 3 tahun keatas. Pendidikan seks untuk anak usia dini bukan tentang aktivitas seksual melainkan sesuai dengan masa perkembangannya. peran orang tua dalam memberikan pendidikan seks pada anaknya sejak dini dengan mem…
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Literasi Sains Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata anak. Sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan sains, dalam rangka memahami serta membuat keputusan bekenaan dengan alam dan perubahan yang dilakukan terhadap alam melalui …
Kata Kunci: Kurikulum 2013 PAUD, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam kurikulum 2013 Penddidikan Anak Usia Dini dinyatakan bahwa “satuan pendidikan anak usia dini melaksanakan kurikulum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”. Menurut penjelasan kepala sekolah TK MuslimatNU 1 Pamekasan bahwa, kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan mendorong proses perkembangan anak…
Kata Kunci: Perkembangan Bahasa, Metode Tanya Jawab Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu jenjang pendidikan yang diberikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) yang dilakukan melalui berbagai rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya agar memiliki kesiapan untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Perkembangan bahasa merupakan suatu kemampuan berbahasa lisan bagi…
Kata Kunci : Problematika, Solusi, Pembelajaran menulis huruf hijaiyah Dalam proses pembelajaran tentunya terdapat problematika yang di alami oleh Guru maupun yang di anak didik, khususnya pada pembelajaran menuis huruf hijaiyah. dan setiap problematika yang terjadi tentunya terdapat solusi yang dilakukan pleh Guru sebagai penanganannya.Agar sekolah dapat mencapai tujuan pembelajaran benga…
Kata Kunci: Media Gambar, Kemampuan Membaca Awal Anak Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasaan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosial emosional (sikap dan perilaku serta agama)…
Kata Kunci : Strategi Guru, Karakter Anak Usia Dini. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran yang diterapkan di suatu lembaga atau sekolah sangat menentukan terhadap hasil belajar anak, bagaimana cara guru dalam mengelola pembelajaran di dalam kel…
Kata Kunci: Metode Iqra’, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Metode Iqra’ adalah suatu sistem pembelajaran Al-Qur’an yang langsung pada latihan membaca, dimulai pada tingkat yang paling sederhana, yaitu mengenalkan bunyi huruf seperti: “A, Ba, Tsa” dan seterusnya, kemudian berlanjut tahap demi tahap yaitu menyambung huruf hijaiyah sampai pada tingkat yang paling sempurna, yaitu men…
Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar, Permainan Hopscotch Colour Hopscotch Colour adalah permain yang serupa dengan engklek yang sudah dimodifikasi yang terdiri dari beraneka warna untuk melatih gerakan melompat sehingga dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak terutama anak yang berusia 3-4 tahun. Peneliti melakukan penelitian di PAUD Ar-Rahman Kolpajung Pamekasan, karena…
Kata kunci: media permainan Egrang coconut, motorik kasar anak Media permainan yang diterapkan dan dimainkan oleh anak usia dini yang massih fokus pada aspek motorik halus anak, aspek kognitif dan aspek-aspek lainnya. Sedangkan, permainan yang menunjang perkembangan motorik kasar anak masih minim yang mengakibatkan perkembangan motorik kasar anak tidak terlalu cepat berkembang dengan baik.…
Kata Kunci : Metode Iqra’, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini Ada dua permasalahan dalam penelitian ini yang pertama, bagaimana Penerapan Meode Iqra’ Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4- 5 Tahun Di RA Miftahul Qulub Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan kedua, apa saja Faktor pendukung dan penghambat Penerapan Metode Iqra’ Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada An…
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung), Aspek Perkembangan Kognitif Anak Strategi pembelajaran calistung merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh seorang anak agar bisa mempelajarai hal lainnya agar lebih mudah dalam menerima pembelajaran. Calistung adlaah keterampilan yang melingkup beberapa kemampuan yaitu kemampuan membaca, menulis, dan ber…
Kata Kunci: Problematika dalam Pemanfaatan Media Visual. Tujuan dari penelitian ini yakni: Yang pertama, Untuk Mengetahui Bagaimana Problematika Dalam Pemanfaatan Media Visual di TK Al-Djufri 1, yang kedua, Untuk Mengetahui Apa Saja Faktor Penghambat Dalam Menerapkan Media Visual di TK Al-Djufri 1. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif yaitu …
Kata kunci : Pengembangan Bahasa, Anak Usia Dini, Buku Cerita Bergambar Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui seperti apa proses pelaksanaan dalam pengembangan bahasa anak usia dini melalui buku cerita bergambar, (2) Untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pengembangan bahasa anak usia dini melalui buku cerita, (3) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat …
Kata Kunci: Strategi Guru, Membimbing Anak Introvert Strategi adalah sebuah garis pola yang sudah ditentukan oleh seorang pemimpin untuk mencapai suatu pembelajaran. Guru harus mempunyai sebuah strategi agar tercapai sebuah pembelajaran yang ingin dicapai. Sebuah pembelajran akan menjadi efektif jika guru memiliki strategi yang tepat dan sesuai dengan kemampuan anak. Mengajari anak dengan k…
Kata Kunci: Strategi Guru, Prestasi Belajar Tujuan dari penelitian ini yakni: 1. untuk mengetahui Bagaimana Metode Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Usia Dini di RA As- Syahidul Kabir I Sumber Batu, 2. Untuk Mengetahui Apa Saja Manfaat (Kelebihan dan Kekurangan) dari Metode yang digunakan Untuk Meningkatkan Pretasi Belajar Anak Usia Dini di RA As- Syahidul Kabir I Sumber Batu, 3…