Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Percaya Diri, Anak Usia Dini Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan syair-syair lagu atau nyanyian didalamnya serta metode bernyanyi ini disebut juga metode yang sangat meyenangkan untuk diterapkan kepada anak usia dini karena metode ini bisa mempermudah penyampaian materi kepada anak sehingga anak bisa menerima pembelajaran dengan…
Kata Kunci : Pengenalan Anggota Tubuh, Media Lagu, Anak Usia Dini Pengenalan anggota tubuh memudahkan anak mengenal anggota tubuh serta memberikan informasi tentang fungsi anggota tubuh, cara menjaga, merawat, dan melindungi dirinya sendiri. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: pertama, bagaimana pelaksanaan pengenalan anggota tubuh pada anak usia dini melalui media lag…
Kata Kunci: Metode tilawati, Pembelajaran Al-Qur’an, Anak usia dini Metode tilawati merupakan cara untuk mengatur membaca Al-Qur’an supaya baik dan indah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan dalam membaca Al-Qur’an, dan menciptakan metode pembelajaran yang efektif serta kondusif. Dan mengingat begitu pentingnya peran Al-Qur’an dalam kehidupan ummat isla…
Kata Kunci : Anak Usia Dini, Motorik Halus, Pengolahan Bahan Bekas Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui pengolahan bahan bekas menjadi hasil karya di PAUD Al-Ikhlas Tanjung Pademawu Pamekasan. Penelitian ini dilakukan karena kemampuan motorik halus anak masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena anak bosan dengan kegiatan motorik halus …
Kata Kunci: Finger Painting, Motorik Halus, Anak Usia Dini Anak usia dini adalah anak berusia 0-6 tahun, pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan anak dalam berbagai aspek akan mengalami perkembangan yang cepat sehingga anak usia dini sering disebut masa keemasan (golden age). Salah satu aspek perekembangannya yaitu fisik motorik, dengan menerapkan kegiatan finger panting salah sa…
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Keterampilan Membilang dan Anak Usia Dini Peneliti mengambil pembahasan tentang implementasi metode bernyanyi dalam keterampilan membilang 1-10 yang menurut peneliti layak dibahas dan dipermasalahkan. Implementasi metode bernynayi pada anak dalam keterampilan membilang 1-10 sangat perlu dibahas karena terdapat anak yang hanya bisa memyanyi tanpa tahu angka 1-…
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Pengelolaan lembaga PAUD harus melihat kepada kebutuhan anak, yaitu pendidikan yang berdasarkan dengan minat, kebutuhan, dan kemampuan atau potensi sang anak. Maka dari itu peran dalam pengelolaan Lembaga Pendidikan tentu penting sekali, harus mampu memberikan fasiltas dengan segala aktivitas anak dan d…
Kata Kunci: Metode Tilawati, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti dalam mengungkapkan yang dilakukan oleh pihak RA. Darul Amin Dasok Pademawu Pamekasan dalam Penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca alqur’an pada anak usia dini, dengan demikian peneliti akan berusaha untuk mengetahui bagaimana Penerapan …
Kata kunci: Media Pembelajaran, Buku Cerita Bergambar, Perkembangan Bahasa Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat pelajar yang pada akhirnya dapat menjadikan pelajar dalam melakukan proses pembelajaran. Peneliti ini dilatar belakangi oleh k…
Kata Kunci : Pengembangan, Bahasa, Metode Tanya jawab Ada dua permasalahan dalam penelitian ini, Pertana, Bagaimana penerapan metode tanya jawab dalam mengembangkan aspek bahasa pada anak usia dini di PAUD Muslimat NU 76 Baddurih Pademawu Pamekasan, Kedua, Apa saja kekurangan dan kelebihan dari metode tanya jawab dalam mengembangkan aspek bahasa pada anak usia dini di PAUD Muslimat NU 76 B…
Kata kunci : Keterampilan Sosial, Bermain Peran Keterampilan Sosial adalah bentuk perilaku, perbuatan dan sikap yang ditampilkan oleh individu orang lain disertai dengan ketepatan dan kecepatan, sehingga memberikan kenyamanan bagi orang yang ada di sekitarnya. Kajian pokok yang tersaji dalam penelitian ini adalah pelaksanaan guru dalam menerapkan keterampilan sosial anak usia dini melalui …
Salah satu program studi unggulan saat ini adalah pendidikan anak usia dini, pendidikan sekaligus program kesejahteraan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun. Resapon serta partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini merupakan aspek penting dalam sebuah pendidikan terutama dalam pendidikan anak usia dini, dalam penelitian ini melibatkan 6 orang s…
Kata kunci : Montessori, Practical Life, Kemandirian. Mandiri sangat penting untuk ditanamkan pada diri seseorang agar mereka tidak bergantung pada orang lain dan saat ini adanya penurunan sikap mandiri dari usia anak sampai mahasiswa yang masih bergantung pada orang lain dan bahkan sampai menjadikan orang dewasa sebagai pembantu, Untuk itu penting sekali menumbuhkan kemandirian sejak usia…
Kata kunci: Penggunaan Komunikasi Guru Dalam Penanaman Ahklah pada Anak Usia Dini. Anak usia dini membutuhkan banyak stimulus dalam kehidupannya agar ia mampu menyarap segala bentuk informasi dengan baik. Anak mudah sekali terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya, penanaman ahklak pada anak usia dini sangat di perlukan agar memperoleh bekal pengatahuan ahklak yang baik. Adapun fokus pe…
Kata Kunci: Peran Guru, Perkembangan Sosial Emosional, dan Anak Usia Dini Masa usia dini merupakan periode emas (Golden Age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Secara umum masa keemasan anak di Indonesia ditetapkan mulai dari usia 0-6 tahun. Periode tersebut merupakan masamasa yang berharga bagi anak untuk mengenali berbagai macam fakta yang ada dilingkungannya…
Kata kunci : Bimbingan Guru, Kemandirian, Anak Usia Dini Bimbingan guru dalam menanamkan kemandirian kepada anak usia dini sangatlah penting, agar anak dapat berinteraksi dengan orang lain sesuai dengan tahapan usianya dan juga anak dapat mengidntifikasi lingkungan mana yang lebih baik untuk meraka. Maka dari itu, penanaman dan pembiasaan perlu diterapkan disetiap lembaga. Agar anak me…
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Efektivitas, Anak Usia Dini Peran orang tua adalah cara-cara yang digunakan oleh orang tua mengenai tugas-tugas yang masih dijalankan dalam mengasuh anak, dan efektivitas adalah menunjukkan sampai seberapa jauh tingkat pencapaian suatu tujuan atau target dengan rencana yang telah disusun sebelumnya, baik dari segi kuantitas, kualitas, maupun waktu, sedangka…
Kata Kunci: Metode bercerita, Perkembangan bahasa anak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam mengungkapkan yang dilakukan oleh pihak RA. Asy-Syuhada’ Pamekasan dalam implementasi metode bercerita dalam mengembangkan aspek kemampuan berbahasa anak usia dini dengan demikian penelitian ini akan berusaha untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode Bercerita d…
Kata kunci: Audio Visual, Nilai Agama dan Moral, AUD Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang diselenggarakan bagi anak usia lahir sampai usia 6 tahun, dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya, anak juga akan memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut pada umumnya. Adapun Fokus peneliti…
Kata kunci: media papan flanel dalam mengasah membaca permulaan huruf alfabet anak Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang dilaksanakan sebelum memesuki pendidikan dasar, yang mana dalam pendidikan PAUD tersebut merupakan suatu pembinaan untuk anak sejak ia lahir sampai berusi 6 tahun. Jenis pembelajaran yang biasa dilakukan yaitu melalui pemberian rangsangan pendidikan supay…