Kata Kunci: Peran Orang Tua dan Guru, Pembelajaran di Masa Pandemi. Peran orang tua dan guru pada pembelajaran daring adalah suatu usaha yang dilakukan secara bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Salah satu lembaga yang melakukan kolaborasi antara peran orang tua dan guru pada pembelajaran daring adalah TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan. Kolaborasi i…
Kata Kunci: Problematika, Penerapan Calistung, Anak Usia Dini Calistung merupakan kegiatan baca, tulis, dan hitung yang diterapkan pada anak usia dini, dimana penerapan calistung itu sendiri memiliki langkah-langkah dalam penerapan kegiatan calistung, dalam kegiatan penerapan calistung tentu ada problematika atau suatu permaslahan yang ada di dalam kegiatan calistung. Dari penjelasan dia…
Kata Kunci : Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Tutur Lisan Anak Penelitian ini dilatar belakangi permakaian bahasa Indonesia dalam tutur lisan anak, pemakaian bahasa ini ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini yaitu; 1) bagaimanakah pemakaian bahasa Indonesia dalam tutur lisan anak di RA A As-Salafiyah?, 2) kesalahan berbahasa apa yang dilakukan anak dalam menggun…
Kata Kunci : Latar Belakang Pendidikan, Kinerja Guru. Kualitas pendidikan akan terwujud jika proses belajar mengajar di kelas berlangsung dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya komponen yang mendukung, yang salah satunya adalah kinerja guru yang profesional. Kinerja guru dalam proses belajar mengajar ditentukan oleh latar belakang pendidikan. Oleh karna itu permas…
Kata Kunci : -19 Model Pembelajaran Daring, Covid-19 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebeleum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang di tunjukkan bagi anak sejak lahir hingga usia enam tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan…
Kata Kunci : Model Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran daring, Covid-19 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat esensial bagi perkembangan anak. Adapun PAUD diartikan sebagai segenap upaya pendidikan dalam memfasilitasi Perkembangan dan belajar anak sejak lahir atau 0 tahun sampai dengan usia 6 tahun melalui penyediaan berbagai pengalaman dan rangsangan yang bersifat mengembangkan, terpadu…
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Berhitung, Media Busy Book Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat bagi kehidupan selanjutnya. Dan perkembangan menjadi jalan untuk memberikan stimulasi dan memberikan kegiatan-kegiatan atau aktivitas yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak agar anak tidak bosan dan tidak jenuh, untuk i…
Kata Kunci: Kreativitas, Anak Usia Dini, Media Barang Bekas Fenomena yang terjadi di PAUD Fatimah Aisyah Desa Tanjung Kabupaten Sampang pada saat kegiatan proses pembelajaran anak usia dini menggunakan media pembelajaran barang bekas dengan memanfaatkan barang bekas yang ada disekitar lingkungannya dengan menggunakan media barang bekas tersebut anak usia dini bebas dalam mengekspresikan …
Kata Kunci: Permainan Plastisin, Motorik Halus, Anak Usia Dini Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Apa saja proses persiapan permainan plastisin dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini di PAUD Perwari 2 Desa Buddagan Kecamatan Pademawu Pamekasan. Kedua, Bagaimana proses pelaksanaan permainan plastisin dalam mengembangkan motorik halu…
Kata Kunci: Interaksi Teman Sebaya, Perilaku Sosial, Anak Usia Dini Anak usia dini merupakan makhluk sosial yang mana membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Anak usia dini perlu menjalin hubungan dengan manusia lain sebagai bentuk hubungan sosial, yang mana anak mulai belajar berinteraksi dengan teman sebayanya. Interaksi teman sebaya berguna untuk perkembangan ber…
Kata Kunci :peran guru, pengenalan makan bergizi, makanan bergizi Peran guru dalam mengenalkan makanan bergizi bagi anak usia dini sangatlah penting, agar anak dapat mengenal berbagai makanan bergizi sehingga anak tidak mudah terserang penyakit. Kebanyakan orang tua hanya memberikan uang saku kepada anak ke sekolah tanpa mengetahui jajanan yang dibeli oleh anak mengandung gizi atau tid…
Kata Kunci: Nilai pendidikan, Film Kartun Upin Ipin, Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: (1) Apa saja nilai nilai pendidikan yang terdapat dalam film kartun upin ipin (2) Bagaimanakah pengaruh nilai-nilai pendidikan itu terhadap perkembangan afektif anak? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya fenomenologis. Pengum…
Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Media Puzzle. Melalui permainan pembelajaran akan terasa menyenangkan dan dapat diserap anak dengan maksimal. Permainan juga dapat meningkatkan perkembangan anak termasuk perkembangan kognitif. Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya perkembangan kognitif pada anak Ra B usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui…
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Keaktifan Siswa Fenomena yang terjadi di PAUD Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan di dalam kegiatan proses pembelajarannya guru pendidikan anak usia dini selalu mengupayakan pembelajaran yang menyenangkan sehingga peserta didik sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan proses pembelajaran tersebut. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kaji…
Kata Kunci : Menara Angka, Kemampuan Berhitung, RA Perwanida Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menarik yang peneliti temukan di RA Perwanida dalam kegiatan pembelajaran yakni permainan menara angka dengan kemampuan berhitung. Sehingga memudahkan anak untuk mengenali angka-angka dari angka 1-10, mampu menulis angka dengan benar secara mandiri dan menyebutkan angka sesuai dengan angk…
Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Tahfidul Qura’an Melalui Metode Talaqqi. Skripsi ini membahas tentang pmbelajaran Tahfidzul Qur’an dengan menggunakan metode Talaqqi. Penelitian ini berfokus pada: Pertama, Bagaimana implementasi pembelajaran tahfidzul Al-Qur’an pada anak usia dini melalui metode talaqqi di KB Bahrul Huda Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan. Kedua, Apa sa…
Kata Kunci : Problematika, Al-Qur’an, Metode WAFA, Anak Usia Dini Dalam pendidikan agama Islam Al-Qur’an merupakan dalil sumber yang dijadikan sebagai landasan agama islam. Karena begitu pentingnya Al-Qur’an dalam membimbing, membina, memperbaiki dan mengarahkan kehidupan manusia, maka wajib bagi setiap muslim untuk mempalajari, memahami, menghafal dan membacanya dalam kehidupan seha…
Kata Kunci: Implementasi Metode Wafa, Al-Qur’an, Anak Usia Dini Al-Qur’an Al-Karim adalah asas pengajaran, karena mencakup ajaran-ajaran Islam yang menata kehidupan kaum muslimin dalam seluruh masalah agama dan dunia. Sejarah Islam mencatat dan memaparkan model pendidikan yang berbasis pada peradaban Islam. Diawali dengan pendidikan anak yang diajarkan untuk belajar membaca dan menulis. S…
Kata Kunci: Implementasi Gerak Lagu Terhadap Perkembangan Fisik MotorikKasar Anak Usia Dini Pendidikan anak usia dini (PIAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan bagi anak sejak lahir hingga usia6 tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan r…
Kata Kunci: Implementasi Permainan Ular Naga, Aspek Sosial Emosional, Permainan tradisional ular naga ini merupakan permainan yang sangat menyenangkan bagi anak, yang di lakukan di luar atau di dalam kelas, dengan tujuan untuk melatih kesabaran, empati, toleransi, kemandirian, kepercayaan diri, kejujuran, keberanian, cara berkomunikasi, dan mengenal aturan-aturan. Instrumen permainan ini s…