Kata kunci: Komunikasi Organisai, Skill, UKM Olahraga IAIN Madura Penelitian ini membahas ilmu komunikasi dengan organisasi terletak pada peninjauannya yang terfokus kepada manusia yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi itu. Ilmu Komunikasi mempertanyakan bentuk komunikasi apa yang berlangsung dalam organisasi, metode dan teknik apa yang dipergunakan, media apa yang dipakai, ba…
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, CV Bintang Abadi, Batik Lokal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi CV. Bintang Abadi Kampong Batik Klampar Kecamatan Proppo Dalam Memasarkan Batik Lokal. Penelitian dilaksanakan di CV Bintang abadi yang berada di Kecamatan Proppo dengan mewawancarai Owner dan Konsumen. Adapun rumusan masalah yang diteliti ini yakni mengenai Baga…
Kata Kunci : Analisis Strategi, Komunikasi Pemasaran, Gebyar Batik Komunikasi pemasaran merupakan sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merk yang dijual. Gebyar batik merupakan suatu program dari pemerintah kabupaten Pamekasan untuk mengembangkan industri tekstil agar lebih banyak dikenal …
Kata kunci: Analisis Optimalisasi, Komunikasi Bencana, Penanggulangan, Bencana Banjir, BPBD Pamekasan. Pada 2 Maret 2022 tercatat sebanyak 6.329 kepala keluarga, 10 kelurahan dan desa, serta 5 kecamatan menjadi terdampak banjir. Cakupan banjir semakin tahun menjadi semakin luas untuk daerah terdampak, dengan tahun 2022 yang menjadi banjir terbesar dan terparah di Pamekasan akibat dari luapan su…
Kata kunci: komunikasi, komunitas, Gempa Abstrak: Penelitian ini mengkaji bentuk komunikasi yang dilakukan oleh Komunitas Gempa dalam membentuk citra positif masyarakat di Desa Sana Laok Kecamatan Waru Pamekasan. Sedangkan untuk rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini yakni, bentuk komunikasi apa saja yang digunakan oleh komunitas Gempa dalam membentuk pencitraan (image) terhadap …
Kata Kunci: Metode Dakwah Pimpinan Ranting Nahdlatul Ulama, Masyarakat Perjuangan dakwah yang dilalui untuk mewujudkan Ukhuwah Islamiyah tidak begitu mudah dikarenakan masyarakat saling mendeskriminasikan terhadap perbedaan golongan dan organisasi, sehingga penting untuk diteliti. Ada dua fokus penelitian yang diangkat, yaitu: pertama bagaimana metode dakwah Nahdlatul Ulama’ Ranting Branta Pe…
Kata kunci: Pola Komunikasi, NU dan Muhammadiyah di Desa Bragung. Keberadaan organisasi Muhammadiyah ini mendapat reaksi kurang baik dari semua elemen masyarakat Bragung yaitu mereka dianggap berbeda golongan dengan masyarakat pada umumnya, sehingga berdampak pada perselisihan-perselisihan sosial dan stigma-stigma miring terhadap paham yang baru di Desa tersebut. Pokok masalah penelitian ini ad…
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Minat Pendengar, Nuansa Madura Strategi komunikasi merupakan suatu perencanaan dalam sebuah perusahaan terutama pada strategi Radio dalam menarik minat pendengar pada program Nuansa Madura, tentu hal ini tidak lepas dari penentuan konsep yang bagus agar banyak yang diminati oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Radio Sals…
Kata Kunci: Komunikasi, Pengemis, Dramaturgi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap komunikasi yang dilakukan oleh pengemis yang ada di Desa Pragaan. Keberadaan pengemis ini tentunya merupakan fenomena sosial yang dilakukan dengan memainka peran dan melakukan proses komunikasi. Pengemis ini memiliki keunikan dalam akttivitas komunikasinya. Mereka memiliki simbol-sim…
Kata Kunci: Stand Up Comedy, Media Dakwah., Stand up comedy dan dakwah merupakan dua hal yang berbeda, stand up comedy memiliki tujuan untuk menghibur para penonton dengan komedi Sedangkan dakwah memiliki tujuan untuk mengajak atau mempengaruhi orang lain untuk mengikuti ajaran Allah Swt. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab: 1) bagaiamana isi materi dan analisis pada tayangan Stand Up Comed…
Kata kunci : Analisis Isi, Pesan Dakwah, Gaya visual Dalam mengajak seluruh umat untuk menerapkan amar ma’ruf nahi mungkar tidak harus seorang yang melatarbelakangi sebagai penceramah, ulama, atau seorang wali. Namun, orang biasa pun bisa untuk mengajak dalam berbuat baik seperti Tethy Ezokanzo penulis yang memulai debutnya sejak tahun 2005, karya pertamanya bergenre novel dewasa kemudian ber…
Kata Kunci : Citizen Journalis, Peluang, Radio Karimata 103.3 FM. Radio Karimata 103.3 FM salah satu radio di Pamekasan yang menerapkan Citizen Journalism dengan nama programnya Dinamika Madura. program tersebut memiliki mekanisme bahwa masyarakat bisa berpartisipasi dalam menyiarkan informasi. Agar tidak menyiarkan berita Hoax maka upaya verifikasi tersebut bertujuan menjaga kepercayaan masyar…
Kata Kunci: strategi komunikasi pemasaran, kunjungan wisatawan Tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat dan begitu pula yang terjadi dalam bidang objek wisata. Oleh karena itu, setiap objek wisata salah satunya Pantai Camplong, harus mampu mengantisipasi persaingan pasar dengan cara mengembangkan komunikasi pemasaran yang tepat untuk menarik wisatawan. Dalam penelitian ini terdapat dua foku…
Kata Kunci: Seni Hadrah, Aktivitas, Materi Dakwah Aktivitas dakwah pada perkembangannya bisa dilakukan dengan berbagai media. Setiap proses dakwah memiliki cara yang bermacam-macam untuk bagaimana sebuah dakwah tersampaikan dengan baik. Salah satu media dakwah yang digunakan dalam penelitian ini melalui kesenian hadrah yang dimainkan oleh hadrah Nurus Syifa beranggota perempuan yang diangap pun…
Kata Kunci: Pesan, Film, Semiotika Ferdinand De Saussure. Seiring berkembangnya zaman, film dapat menjadi media yang berperan penting dalam menanamkan pesan-pesan yang positif bagi penontonnya. Film merupakan alat komuniaksi dalam menyampaikan pesan yang bersifat audio visual. Seperti dalam Film Daring karya mahasiswa KPI yang tidak hanya menghibur para penontonnya, namun juga menunjukkan banya…
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Respon Pendengar, Pengarusutamaan Gender. Strategi komunikasi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengubah pola perilaku konsumenya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi humas RRI Sumenep pada program pengarusutamaan gender. Penelitian ini dilakukan terhadap beberapa responden pendengar RRI Sumenep. Rumusan masalah yang dibahas perta…
Kata Kunci: Makna Halal, Iklan, Semiotika Penelitian ini berfokus untuk meneliti makna halal pada iklan kosmetik wardah. Wardah hadir dengan menjadi pionir brand halal yang sampai saat ini dapat mempertahankan kehalalannya. Untuk menujukkan hal itu, pada iklannya wardah menekankan bahwa produk wardah adalah produk yang halal ditunjukkan dengan pengucapan berulang dan hastag halal dari awal, ser…
Kata Kunci: Komunikasi Kelompok, Karakter, Peduli Kesehatan Melihat betapa pentingnya peran instruktur Saka Bakti Husada dalam mengajak anggota yang mulanya hanya terdiri dari satu mitra, kemudian vakum dan bangkit lagi dengan empat mitra baru lainnya, maka instruktur menggunakan model komunikasi kelompok dalam membentuk karakteristik peduli kesehatan. Penelitian ini memiliki dua fokus peneliti…