KataKunci:pengembangankurikulum,menciptakanefektivitasbelajarera covid-19. Pengembangan kurikulum merupakan penyusunan program kurikulum mulaidaridasar-dasarkurikulum sampaidenganpedoman kurikulum.Halinimemangsudahdirencanakanbaikolehpemerintah pusata ataupun masing-masing lembaga untuk menghadapiproses pembelajaran. Pada dasarnya pengembangan kurikulum ini untuk mengembangkankomponen-ko…
Kata Kunci: Nilai pendidikan, Film Kartun Upin Ipin, Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: (1) Apa saja nilai nilai pendidikan yang terdapat dalam film kartun upin ipin (2) Bagaimanakah pengaruh nilai-nilai pendidikan itu terhadap perkembangan afektif anak? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya fenomenologis. Pengum…
Kata Kunci : Kurikulum Berbasis al-Qur’an Berwawasan Kepesantrenan, SMA Tahfidz Darul Ulum. SMA Tahfidz Darul Ulum Pondok Pesantren Banyunayar Pamekasan yang selanjutnya disingkat “SMAT DUBA“ telah melakukan pengembangan Kurikulum Berbasis al-Qur’an Berwawasan Kepesantrenan ditingkat satuan pendidikan tingkat menengah atas dengan status sekolah standart nasional (SSN) dari 73 (tuj…
Kata Kunci: Pendidikan tauhid, Q.S. al-An’a>m Ayat 74-81. Munculnya stigmatisasi bahwa pendidikan telah gagal mengembangkan potensi yang dimiliki manusia karena pendidikan masa kini dianggap hanya mengedepankan konseptual dari pada nilai-nilai keagamaan (tauhid). Seharusnya pendidikan selaku sarana untuk mengembangkan potensi manusia mampu memberikan keseimbangan antara kecerdesan intele…
Kata kunci: Implementasi, Supervisi Klinis, Efektifitas, Pembelajaran Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Oleh karena tugas guru yang begitu besar, tidak semua orang dapat melaksanakan tugas guru dengan sebaik-baiknya. Seorang guru dituntut untuk memiliki kompetensi kepribadian, ped…
Kata kunci : pendidikan karakter, karakter peduli sosial. Pendidikan karakter peduli sosial diharapkan menciptakan keteraturan sosial. Keteraturan sosial berati keadaan hubungan sosial berlangsung dengan selaras, serasi, dan harmonis sesuai dengan nilai, norma, dan budi pekerti yang berlaku di masyarakat. Artinya setiap orang melakukan tugas dan kewajiban sesuai dengan tata aturan dan norm…
Kata Kunci : Pendidikan Pranatal, Syeikh Muhammad Mutawalli Al-Sya’rawi. Pendidikan merupakan suatu hal yang terpenting dalam hidup manusia, ia merupakan suatu pross yang harus dilalui dalam membentuk karakter dan watak setiapa anak. Maka untuk tujuan besar itu pantas jika dilakukan dengan baik dan diawali dengan sedini mungkin. Beberapa tokoh dan ilmuan berkeyakinan bahwa pendidikan seja…
Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Tahfidul Qura’an Melalui Metode Talaqqi. Skripsi ini membahas tentang pmbelajaran Tahfidzul Qur’an dengan menggunakan metode Talaqqi. Penelitian ini berfokus pada: Pertama, Bagaimana implementasi pembelajaran tahfidzul Al-Qur’an pada anak usia dini melalui metode talaqqi di KB Bahrul Huda Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan. Kedua, Apa sa…
Kata Kunci: Implementasi Metode Wafa, Al-Qur’an, Anak Usia Dini Al-Qur’an Al-Karim adalah asas pengajaran, karena mencakup ajaran-ajaran Islam yang menata kehidupan kaum muslimin dalam seluruh masalah agama dan dunia. Sejarah Islam mencatat dan memaparkan model pendidikan yang berbasis pada peradaban Islam. Diawali dengan pendidikan anak yang diajarkan untuk belajar membaca dan menulis. S…
Kata Kunci: Implementasi Gerak Lagu Terhadap Perkembangan Fisik MotorikKasar Anak Usia Dini Pendidikan anak usia dini (PIAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan bagi anak sejak lahir hingga usia6 tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan r…
Kata Kunci: Implementasi Permainan Ular Naga, Aspek Sosial Emosional, Permainan tradisional ular naga ini merupakan permainan yang sangat menyenangkan bagi anak, yang di lakukan di luar atau di dalam kelas, dengan tujuan untuk melatih kesabaran, empati, toleransi, kemandirian, kepercayaan diri, kejujuran, keberanian, cara berkomunikasi, dan mengenal aturan-aturan. Instrumen permainan ini s…
Kata Kunci : Strategi Mengajar Guru PAUD, Anak Usia Dini, Masa Pandemi Covid-19 Strategi mengajar dalam proses belajar mengajar merupakan upaya guru dalam mendesain pembelajaran agar pentransferan ilmu tersampaikan dengan optimal, terlebih mendidik anak usia dini di masa darurat perlu banyak ide yang bervariasi mengingat tingkat konsentrasinya yang sangat sedikit sekali. Ada empat pokok u…
Kata Kunci: Sikap Sopan Santun, Kegiatan Bermain Peran, Anak Usia Dini Bermain peran adalah berperan atau memainkan peranan dalam dramatisasi masalah sosial atau psikologis. Depdikbud menunjukkan bahwa bermain peran adalah salah satu bentuk permainan pendidikan yang digunakan untuk menjelaskan perasaan, sikap, tingkah-laku dan nilai, dengan tujuan untuk menghayati perasaan, sudut pandangan…
Kata Kunci: Implikasi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterkaitan peneliti dalam mengungkapkan fenomena yang dilakukan oleh pihak TK PGRI 1 Taddan Camplong Kabupaten Sampang dalam Implikasi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini ( di TK PGRI 1 Taddan Camplong Kabupaten Sampang) dengan demikian…