Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, dan Hasil Belajar Media Video Animasi merupakan media yang penting untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar pada siswa kelas IV Mi An Najah Pasongsongan Sumenep. Pada mata pelajaran Fiqih, dalam memberikan yang terbaik kepada siswa kelas IV MI An Najah Pasongsongan disini agar tidak membosankan dan siswapun merasa semangat dan juga …
Kata Kunci : Alat Peraga Edukatif, dan Hasil Belajar Media pembelajaran alat peraga edukatif (APE) merupakan salah satu media yang penting untuk diterapkan pada pembelajaran siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Larangan Badung. Dalam peningkatan hasil belajar siswa maka, diberikannya alat bantu berupa media pembelajaran alat peraga edukatif (APE) pada mata pelajaran Fiqih sehingga pada pembel…
Kata Kunci: Hasil Belajar, Penggunaan Media Konkret, Mata Pelajaran IPS Saat ini, terdapat beberapa guru yang ditemukan masih melakukan penyampaian ilmu atau informasi kepada siswa hanya menggunakan media atau alat bantu seadanya saja. Guru masih menerapkan metode ceramah yang pada umumnya sudah biasa dilakukan, sehingga membuat hasil belajar siswa menjadi kurang. Hal ini membuat guru …
Kata Kunci: Penggunaan Media Audio Visual, Meningkatkan Hasil Pembelajaran,BahasaInggris Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Inggrismerupakan suatu tindakan yang dilakukan untukmeningkatkanhasilpembelajaranbahasainggrisyangmenggunakan alatpembelajaranatauperangkatbelajaryaituaudiovisual.Olehkarenaitu, penggunaan media audio visualdilakukan untuk meni…
Kata Kunci : Reward, Punishment, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia Dalam tercapainya tujuan sekolah yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Maka salah satunya dapat dilihat dari keberhasilan peserta didik selama menempuh pendidikan, hal itu dapat dilihat dari hasil belajarnya yang identik dengan nilai atau predikat. Tujuan dalam penelitian ini ialah pertama, Untuk mengetahui dan mend…
Kata kunci: Time Token, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Penelitian ini dilakukan berdasarkan sebuah permasalahan yang ditemui di suatu instansi pendidikan MTsN 3 Pamekasan. permasalahan yang dimaksud yakni adanya penerapan suatu metode “Alokasi Waktu” untuk membuat siswa mengkomunikasikan materi pelajaran di dalam kelas yang digunakan oleh guru dalam pelajaran IPS. Metode tersebut menur…
Kata Kunci : Metode jigsaw, hasil belajar, mata pelajaran IPA. Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kegiatan interaksi yang dilakukan oleh guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Kegiatan interaksi dapat dikatakan berhasil apabila dalam interaksi tersebut siswa terlibat aktif. Ketidakberhasilan siswa dalam suatu pembelajaran salah satunya disebabkan oleh metode pembelajaran yang …
Kata Kunci :Sikap Disiplin, Hasil Belajar Sikap disiplin merupakan sikap yang dilakukan oleh individu secara terus menerus kemudian menjadi kebiasaan untuk selalu menaati peraturan. Sikap disiplin penting ditanamkan dalam kegiatan proses pembelajaran karena, sikap disiplin mengartikan bahwa seorang siswa sudah siap mengikuti segala proses pembelajaran. Hasil belajar merupakan hasil tolak ukur…
ABSTRAK Susilawati, 2020, Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN MANGAR 2 Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Heni Listiana, M. Pd. I. Kata Kunci: Sumber Daya Alam, Minat dan hasil Bel…
ABSTRAK Musrifah Wahyuni, 2020, Pengaruh Penggunaan Buku Teks Bahasa Indonesia Penerbit Kemendikbud Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Larangan Pamekasan, Skripsi, Program Studi TBIN, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Usman, M.Pd.I Kata Kunci: Buku Teks, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia Dengan perubahannya kurikulum 2013, maka sumbe…