ABSTRAK Fifin Jaya, 2020, Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Ayam Potong Di Pasar Tradisional Di Desa Tlanakan Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Madura Pamekasan, Pembimbing: Ah. Shibghatullah Mujaddidi, M.A. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, jual beli, pasar tradisional Penerapan etika bisnis is…
Kata Kunci: Etika, Bisnis Islam, Penambangan Pasir Sumber daya alam mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan lainnya, akan tetapi sumber daya alam terbatas. Dalam perannya sumber daya alam sangat penting khususnya bagi kehidupan manusia, di mana manusia tidak bisa melanjutkan kehidupannya tanpa adanya sumber daya alam. akan tetapi manusia sering kali mengeksploitasi sumber da…
Kata kunci : Upah, Karyawan, Etika Bisnis Islam Dalam Islam, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menentukan upah bagi tenaga kerja di antaranya yaitu, kesepakatan antara ajir (penyedia jasa) dan mustajir (penyewa). Dalam segala jenis akad dan transaksi bisnis, terciptanya unsur rela sama rela antara pihak di dalamnya sangat dikedepankan, Islam melarang adanya unsur paksaan ya…
Kata Kunci :Aktivitas PKL, Etika Bisnis Islam Karakteristik aktivitas pedagang adalah orang yang memperjualbelikan produk atau barang kepada konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung. Etika bisnis islam didasarkan pada moralitas islam yang diterjemahkan secara logis dan rasional. Semua di lakukan untuk kepentingan menjalankan roda bisnis secara muslim., demi memaksimalkan ma…
Analisis Persaingan Usaha Mebel dalam Perspektif Etika Bisnis Islam di sentra Ukir Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep,
Kata Kunci: Etika Pedagang, Etika Bisnis Islam. Dalam melakukan pekerjaan, aspek etika adalah hal yang mendasar yang harus diperhatikan oleh pedagang. Istilah etika pedagang merupakan tingkah laku pedagang yang bisa menentukan mana yang baik dan mana yang buruk pada saat berinteraksi kepada pembeli. Pedagang harus bisa memberikan pelayanan yang baik, sopan santun, ramah serta membuat …
Kata Kunci : Persaingan Usaha, Persaingan Pedagang, Etika Bisnis Islam Persaingan merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam dunia bisnis. Persaingan dalam bisnis merupakan sebuah kompetisi antara para penjual yang sama-sama berusaha ingin mendapat keuntungan, pangsa pasar serta jumlah penjualan yang tinggi. Dalam persaingan bisnis, ada etika yang harus dilakukan oleh pebisnis agar t…
Kata Kunci:‘Urf, Etika Bisnis Islam Muzara’ah adalah pemilik tanah menyerahkan sebidang tanah kepada salah satu pihak yang mana dalam hal ini tanah tersebut digarap oleh petani penggarap untuk ditanami bibit seperti padi, jagung, dan lain sebagainya. ‘Urf merupakan sesuatu yang menjadi kebiasaan manusia, dan mereka mengikutinya dalam bentuk setiap perbuatan yang populer di antara…
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Multi Level Marketing. Islam memberikan tuntunan untuk berbisnis agar sesuai dengan normanorma ajaran Islam. Etika bisnis adalah sutau kebiasaan atau moral yang berkaitan dengan kegiatan bisnis yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah. Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) adalah bisnis yang bergerak dalam bidang industri kesehatan. Kegiatan pemasaran dan …
Kata Kunci: Brand Equity. Etika Bisnis Islam Brand equity adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya yang mampu menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah barang atau jasa kepada perusahaan atau kepada pelanggan perusahaan. Seperti halnya usaha pada rumah makan Asela, Asela adalah rumah makan yang memiliki brand equity pa…
Kata Kunci : Etika, Produksi Islam, Konveksi Kegiatan produksi dan konsumsi merupakan sebuah mata rantai yang saling berkaitan satu sama lainnya. Oleh karena itu, kegiatan produksi harus sejalan dengan kegiatan konsumsi. Dalam kegiatan produksinya, produsen mengubah berbagai faktor produsi sesuai dengan yang diinginkan konsumen. Dalam hal tersebut ajaran Islam mempunyai peran penting dalam …
ABSTRAK Wahyuni. 2019. “Penerapan Etika Bisnis Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Toko Basmalah Dharma Camplong Dalam Perspektif Ekonomi Islam”, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura, Pembimbing:Dr. H. Zainal Abidin, MEI Kata kunci: Penerapan Etika Bisnis, Dalam Meningkatkan, Loyalitas Pelanggan Era globalisasi dan modernisasi zaman yan…
ABSTRAK Nama : Ahmad Fadil Judul : Penerapan Konsep Etika Bisnis di BMT NU Gapura dalam mengembangkan perekonomia yang berbasis syari’ah pada masyarakat Gapura dan Dungkek, Skripsi, Program Studi Perbankan Syari’ah, Jurusan Syari’ah dan Ekonomi, Sekolah tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing : WADHAN, SE., M. Si Kata Kunci : Konsep Etika Bisnis BMT NU dan Ekonomi Syari’ah …