Text
Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Life Skills Pada Pembelajaran (PAI) di SDN Sumedangan III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, Sekolah Tinggi Agama Islama Negeri (STAIN) Pamekasan
ABSTRAK
Siti Aisyah, 2013. Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Life Skills Pada Pembelajaran (PAI) di SDN Sumedangan III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, Sekolah Tinggi Agama Islama Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing: Dra. Hj. Waqiatul Masruroh, M.Si
Kata Kunci: Pendidikan life skills, Pembelajaran PAI
Ada tiga permasalahan yang akan menjadi fokus masalah dalam penelitian ini, yang pertama adalah bagaimana penerapan nilai-nilai life skills di SDN Sumedangan 3 Pamekasan. Kedua adalah kendala dalam penerapan nilai-nilai life skills di SDN Sumedangan 3 Pamekasan dan yang ketiga adalah sulusi alternatif dalam penerapan nilai-nilai life skills di SDN Sumedangan 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis analisis deskriptif. Pengumpulan data didapat oleh peneliti melalui interview, observasi dan analisis dokumentasi. Adapun informan atau subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan sebagian siswa yang ada di SDN Sumedangan 3 Pamekasan. Teknik yang digunakan untuk mengecek kredibilitas data yaitu perpanjangan kehadiran penelitidan observasi mendalam.
Dari hasil penelitian dapat di paparkan Pertama, Bagaimana penerapan nilai-nilai life skills di SDN Sumedangan adalah 1) Memberikan pendidikan kecakapan hidup bagi siswa, 2) Memformat dan mengelola pendidikan agar mereka para siswa mampu untuk merencanakan masa depan mereka sendiri, 3) Memperikan pola keseimbangan antara ilmu agama dan ilmu umum yang kemudian akhirnya menjadi insan yang paripurna.
Kedua adalah Kendala dalam penerapan nilai-nilai life skills di SDN Sumedangan 3 Pamekasan yang diantaranya adalah 1) Lemahnya kualitas SDM yang ada, 2) Minimnya relasi kerja sama dengan orang tua dan masyarakat sekitar, 3) Kekurangan sarana dan prasarana pendidikan, 4) Pengaruh negatif terhadap pola pergaulan siswa dengan lingkungannya. 5) Para siswa merasa kesulitan belajar sehingga akhirnya mereka merasa malas belajar lebih giat lagi.
Ketiga adalah solusi alternatif dalam penerapan nilai-nilai life skills di SDN Sumedangan 3 adalah 1) melakukan kegiatan peningkatan SDM yang ada, 2) Melakukan kerja sama dengan pihak terkait, baik pemerintah ataupun masyarakat selaku stake holders. 3) Memberikan pemahaman yang baik kepada siswa bahwa prilaku akhlak itu sangat penting bagi integritas diri seseorang, 4) para guru talah melakukan dan menggunakan berbagai macam metode yang bervariatif agar nantinya pelaksanaan PBM dikemas dengan baik dan menarik para siswa untuk belajar.
Sehingga dengan demikian di harapkan dari hasil penelitian ini bisa menjadi bahan masukan bagi seluruh civitas akademik dan juga para praktisi pendidikan dan juga para pembaca untuk 1) Pelaksanaan kegiatan pendidikan nilai-nilai life skills perlu untuk dilakukan dengan setulus hati, 2) pendidikan perlu dilakukan dengan maksimal dan bukan setengah hati dalam melakukannya, 3) Sarana dan prasarana pendukung harus dipenuhi agar proses PBM di sekolah ini berhasil dengan optimal, 4) Relasi dan kerjasama dengan semua kalangan itu perlu dan penting untuk dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan, 5) Jalinan komonikasi antar guru untuk diciptakan, karena mereka adalah salah satu media untuk mencapai keberhasilan program pendidikan yang dicanangkan bersama
Tidak tersedia versi lain