Text
Korelasi Penilaian Portofolio Terhadap peningkatan Belajar siswa di MTs. Al-Amien II prenduen Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Iftitah, 2008. Korelasi Penilaian Portofolio Terhadap peningkatan Belajar siswa di MTs. Al-Amien II prenduen Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Drs Abd Mukhid, M. Pd.
Kata Kunci: Penilaian portofolio, peningkatan Belajar Siswa
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama adalah korelasi penilaian portofolio terhadap peningkatan belajar siswa MTs. Al-Amien II Prenduan Kabupaten Sumenep. Kedua, seberapa besar korelasi penilaian portofolio terhadap peningkatan belajar siswa di MTs. Al-Amien II Prenduan Kabupaten Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah siswa Mts. Al-Amien II Prenduan Kabupaten Sumenep kelas VII, VIII,IX tahun pelajaran 2007-2008 sejumlah 162 siswa. Jumlah sampel 20% dari populasi yang ada (32 siswa),yang ditentukan dengan cara memperhatikan, mempertimbangkan atau proporsi individu dalam tiap strata dengan tanpa pilih kasih atau pandang bulu dan instrumen yang digunakan adalah angket. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan tehnik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penilaian portofolio terhadap peningkatan belajar siswa di MTs. Al-Amien II Prenduan Kabupaten Sumenep dengan intrepretasi cukup. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa “r” tabel product moment. Di mana pada N=32 dala interval kepercayaan 95% diperoleh nilai 0,349 dan dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai 0,499 dan “r” kerja ketika dikonsultasikan denga tabel interpretasi nilai “r” product moment, nilai kerja 0,484 berda diantara angka 0,40-0,70 dengan nilai interpretasi cukup.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka penilaian portofolio di MTs.Al-Amien II prenduen Kabupaten Sumenep perlu dimaksimalkan oleh guru maupun siswa itu sendiri, agar belajar sisawa dapat ditingkatkan.
Tidak tersedia versi lain