Text
Pendidikan Agama Islam Berbasis Pluralisme ( Telaah Materi Pendidikan Agama Islam di S M A kelas XI), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Adam. 2008. Pendidikan Agama Islam Berbasis Pluralisme ( Telaah Materi Pendidikan Agama Islam di S M A kelas XI), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing : Drs. Moh. Kosim, M. Ag.
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Pluralisme Agama, Telaah Materi Pendidikan Agama Islam di S M A Kelas XI.
Ada tiga fokus Penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yakni: (1) Pendidikan Agama Islam, (2) Pluralisme Agama, (3) Telaah Materi Pendidikan Agama Islam di S M A Kelas XI.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pluralisme agama dalam materi pendidikan agama islam di S M A Kelas XI. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah buku paket Syamsuri, pendidikan Agama Islam, S M A Kelas XI, (Jakarta : Erlangga, 2006). Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak terdapat materi pendidikan agama islam yang di ajarkan di S M A Kelas XI, jauh dari sikap untuk mendukung pengembangan nilai-nilai pluralisme agama. Bahkan dalam telaah dan analisis yang sudah dilakukan pada penelitian ini diperoleh informasi yang menunjukkan masih banyak pula keterangan dari penjelasan materi yang diajarkan bertentangan atau bertolak belakang dengan nilai pluralisme.
Tidak tersedia versi lain