Text
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR SISWA MTS. MAMBAUL HIKAM SODDARA PASONGSONGAN SUMENEP
Aslamiyah. 2011, Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Maslah terhadap Kemampuan Berfikir Siswa Madrasah Tsanawiyah Mambaul Hikam Sodddara Pasongsongan Sumenep Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Islam, Pembimbing Buna’i S. Ag, M. Pd
Kata kunci : Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berfikir Siswa
Peran seorang pendidik sangatlah pentig dalam proses belajar mengajar, khusus dalam memotivasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berfikir dalam memecahkan masalah. Pendidik harus bisa memahami keadaan yang terjadi pada peserta didik untuk memenuhi kebutuhan dalam belajar, dengan artian harus tahu dengan cara apa untuk merangsang daya fikir peserta didiknya.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, tentang ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir siswa Madrasah Tsanawiyah Mambaul Hikam Soddara Pasongsongan Sumenep, Kedua seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir siswa Madrasah Tsanawiyah Mambaul Hikam Soddara Pasongsongan Sumenep.
Penenlitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 107 siswa dengan jumlah sampel 31 siswa dari 30% dari populasi yang ada, ditentukan dengan menggunakan teknik stratified proportional random samping, instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, dokumentasi, interview dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan teknik product momen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan berfikir siswa MTs. Mambaul Hikam Soddara Pasongsongan Sumenep, dan pengaruhnya cukup signifikan. Dengan kata lain kemampuan berfikir siswa MTs. Mambaul Hikam Soddra Pasongsongan Sumenep semakin meningkat dengan adanya strategi pembelajaran berbasis masalah. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan r kerja (0,622) lebih besar dari pada harga kritik product moment , baik pada taraf signifikan 95% (0,355) maupun pada taraf signifikan 99% (0,456). Dan r kerja ketika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi prouct moment berada pada interval 0,600 sampai 0,800 dengan nilai interpretasi cukup.
Tidak tersedia versi lain