Text
Efektifitas Pelaksanaan Administrasi Pendidikan Agama untuk Mencapai Tujuan Belajar Siswa di MTs. Bustanul Ulum sejati Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Ibrohim, 2004, Efektifitas Pelaksanaan Administrasi Pendidikan Agama untuk Mencapai Tujuan Belajar Siswa di MTs. Bustanul Ulum sejati Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Buna’I, S.Ag.M.Pd.
Kata Kunci : Efektifitas, Administrasi
Ada empat fokus penelitian yang menjadi acuan dilaksanakannya penelitian ini. Dalam penelitian ingin memaparkan efektifitas pelaksanaan administrasi pendidikan agama tentang: Pertama, Bagaimana pelaksanaan administrasi pendidikan agama, Kedua, Bagaimana peran kepala Madrasah dalam pelaksanaan administrasi pendidikan agama, Ketiga, Bagaimana respon guru terhadap pelaksanaan administrasi pendidikan agama, Keempat, Apa saja faktor yang mendukung terhadap pelaksanaan administrasi pendidikan.
Adapun dalam pelaksanaan data peneliti menggunakan metode interviu wawancara, observasi pengamatan dan analisis dokumen. Yang dijadikan informan adalah kepala Madrasah sebagai administrator dalam pendidikan, guru sebagai orang yang melaksanakan administrasi pendidikan agama, BP3 dipilih sebagai subyek karena BP3 sebagai organisasi yang mengelola dan berhubungan langsung dengan masyarakat. Seperti pelaksanaan pertemuan wali murid dengan pihak Madrasah dalam urun rembuk tentang permasalahan pendidikan.
Dalam pelaksanaan penelitian menghasilkan Pertama, bahwa pelaksanaan administrasi pendidikan agama sangat perlu untuk ditingkatkan seperti pencatatan, perincian, pengarahan, pengarsipan. Kedua, kepala MTs. Busnul Ulum Sejati sangat berperan aktif dalam pelaksanaan administrasi, sperti merencanakan, pengorganisasian, pengawasan dan mengevaluasi. Sebab tanpa adanya administrasi pendidikan agama proses belajar mengajar berjalan tidak punya tujuan yang jelas. Ketiga, dalam pelaksanaan administrasi pendidikan agama guru sangat mendukungterhadap pelaksanaan pendidikan agama dalam rangka ikut andil didalam memajukan pendidikan, seperti ikut serta dalam perencanaan program pendidikan. Keempat, BP3 sebagai organisasi yang ikut terlibat dalam pelaksanaan administrasi pendidikan agama, seperti pengelolaan keuangan.
Tidak tersedia versi lain