Text
Peranan Teknik Penilaian Bentuk Test Obyektif Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SDN Tambung II Kec. Pademawu Kab. Pamekasan Tahun Pelajaran 2003-2004 Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Jurusan PAI, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Fauziyah, 2004, Peranan Teknik Penilaian Bentuk Test Obyektif Terhadap Prestasi Belajar Pendidik Agama Islam di SDN Tambung II Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2004. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Jurusan PAI, STAIN Pamekasan, Pembimbing : Drs. H. Bustami Said
Kata Kunci : Teknik Penilaian Bentuk Test Obyektif Terhadap Prestasi Belajar Pendidik Agama Islam
Dalam upaya peningkatan pendidikan dan perguruan agama maka pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting Setiap jenis pendidikan orang selalu mengadakan evaluasi karena tujuan dari evalasi pendidikan ialah untuk memdapatkan data pembuktian yang akan menunjukkan sampai dimana tingkat kemampuan dan keberhasilan siswa dalam pencapaian tujuan-tujuan kurikuler
Populasi penelitian adalah semua siswa SDN Tambung II Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan sebanyak 132, jumlah sampel 60 siswa ditentukan dengan menggunakan teknik area sapling (Sampel lokal). Instrument yang digunakan : angket sebagai instrument primer, observasi, dokumen, interview sebagai instrument sekunder. Pengumpul data berlangsung selama 16 hari, mulai tanggal 22 Mei sampai dengan 8 Juni 2004. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic dengan teknik product moment.
Hasil data menunjukkan bahwa teknik penilaian benkuk obyektif dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam di SDN Tambung II ada hubungan, dan hubunannya cukaup signifikan. Dengan kata lain prestasi belajar pendidikan agama Islam akan meningkat apabila teknik penelitian bentuk test obyektif dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini terbukti dari hasil analisa statistic yang menunjukkan bahwa “r” kerja (0,647) lebih besar dari harga kritik product moment, baik pada taraf kepercayaan 95% (0254) dengan tabel interprestasi korelasi, berada pada interval 0.800 sampai dengan 1,00 dengan nilai interpestasi cukcp.
Berdasarakan penelitian diatas, maka teknik penilaian bentuk test obyektif di SDN Tambunga II perlu semakin ditugkatkan, agar prestasi belajar pendidikan agama Islam semakin meningkat.
Tidak tersedia versi lain