Text
Pengaruh Pelatihan Guru Terhadap Mutu Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Aengdake Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep
ABSTRAK
Tumina Indah Lestari. 2012. Pengaruh Pelatihan Guru Terhadap Mutu Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Aengdake Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Dra. Hj. Mariatul Qibtiyah Harun, AR., M. Ag.
Kata Kunci: Pelatihan Guru, Mutu Pembelajaran.
Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya kualitas atau mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Pengembangan kualitas bagi mereka melalui pendidikan dan pelatihan saat ini mendesak untuk segera digulirkan oleh pemerintah. Yang menjadi alasan mendesak salah satunya adalah adanya Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Aengdake dalam prosesnya telah berupaya menerapkan pendidikan dan pelatihan bagi pendidik untuk mengembangkan kualitas kinerja pendidik di madrasah tersebut baik yang dilaksanakan oleh lembaga secara mandiri maupun mengirimkan peserta ke Diklat yang dilaksanakan oleh institusi/instansi tertentu. Pelatihan tersebut lebih dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas guru yang pada akhirnya akan berimplikasi pada kualitas pembelajaran.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Ada-tidaknya pengaruh pelatihan guru terhadap peningkatan mutu pembelajaran di MTs. Miftahul Ulum Aengdake Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, dan (2) Seberapa besar pengaruh pelatihan guru terhadap peningkatan mutu pembelajaran di MTs. Miftahul Ulum Aengdake Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep.
Penelitian ini dirancang sebagai penelitian “survei korelasional” dengan menggunakan pendekatan statistik-kuantitatif. Ada 21 responden yang dijadikan sebagai subjek (sampel penelitian). Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah rumus Product Moment.
Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Pelatihan guru memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan mutu pembela-jaran di MTs. Miftahul Ulum Aengdake Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep pada tahun pelajaran 2011/2012. Hal itu diketahui berdasarkan perbandingan antara r kerja dengan r tabel harga bahwa ternyata r kerja lebih besar daripada r tabel harga kritik, baik pada interval kepercayaan 95% ataupun pada interval kepercayaan 99%, yaitu 0,783 > 0,433 atau 0,783 > 0,549. Dengan demikian, hipotesis kerja (H1) dalam penelitian ini diterima, dan hipotesis nihil (H0) ditolak. (2) Pelatihan guru memiliki “pengaruh yang cukup” terhadap peningkatan mutu pembelajaran di MTs. Miftahul Ulum Aengdake Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Hal itu diketahui setelah menginterpretasi hasil r kerja sebesar 0,783 yang ternyata bergerak di antara rentangan nilai 0,600 sampai 0,800.
Tidak tersedia versi lain