Text
Penerapan Prinsip Penguatan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Moh. Fadlillah, 2012, Penerapan Prinsip Penguatan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. M. Muchlis Solichin, M.Ag
Kata Kunci: Prinsip Penguatan dan Prestasi Belajar Siswa
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian yaitu: 1) Bagaimana penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. 3) Bagaimana hasil Penerapan Prinsip Penguatan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui Penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. 3) Untuk mengetahui hasil Penerapan Prinsip Penguatan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan siswa, prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah: checking, organizing, coding, sedangkan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, observasi yang diperdalam, triangulasi, dan analisis kasus negative/ uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan pada pelaksanaannya dapat membawa siswa pada gairah belajar yang tinggi karena siswa menganggap bahwa dalam belajar siswa sering di beri tugas dan bisa belajar bersama dan juga pelajaran yang bermakna karena siswa mendapatkan pujian dengan kata-kata “bagus” dan “tepat” sehingga siswa jadi pintar di dalam belajar, 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Taman Kanak-Kanak (TK) Al Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan baik faktor yang mendorong maupun yang menghambat adalah tujuan pembelajaran,materi/bahan pelajaran, guru, siswa, dan situasi, serta kemampuan siswa yang kemampuannya di bawah rata-rata, dan kurangnya kesadaran murid akan pentingnya pendidikan sehingga main-main sendiri di kelas, serta kurangnya sarana pendidikan seperti bangku di sekolah. 3) hasil penerapan prinsip penguatan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar di TK Al-Hidayah Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan bahwa hasil yang dilakukan sangatlah besar, karena terbukti guru-guru semaksimal mungkin untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan melaksanakan prinsip-prinsip penguatan belajar pada siswa dan memberikan tingkat belajar yang menyenangkan pada siswa yang menjadikan siswa jadi pintar
Tidak tersedia versi lain