Text
Dampak Pendidikan Karakter Terhadap Etika Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tanwirul Islam I Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang
ABSTRAK
Kholifah, 2012. Dampak Pendidikan Karakter Terhadap Etika Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tanwirul Islam I Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: H. Mohammad Hasan, M. Ag.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Etika Siswa
Dalam penelitian ini ada 2 rumusan masalah: (1) Adakah dampak pendidikan karakter terhadap etika siswa di MI Tanwirul Islam I Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang dan (2) Seberapa besar dampak pendidikan karakter terhadap etika siswa di MI Tanwirul Islam I Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang
Penelitian ini dirancang sebagai penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan pendekatan statistik. Ada 49 responden yang dijadikan sebagai subjek (sampel penelitian). Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah rumus Product Moment.
Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) pendidikan karakter memiliki dampak yang positif terhadap etika siswa di MI Tanwirul Islam I Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Hal itu diketahui berdasarkan perbandingan antara r kerja dengan r tabel harga bahwa ternyata r kerja lebih besar daripada r tabel harga kritik, baik pada interval kepercayaan 95% ataupun pada interval kepercayaan 99%, yaitu 0,653 > 0,281 atau 0,653 > 0,364. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. (2) pendidikan karakter memiliki tingkat “hubungan yang cukup” terhadap etika siswa di MI Tanwirul Islam I Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Hal itu diketahui setelah menginterpretasi hasil r kerja sebesar 0,653 yang ternyata bergerak di antara rentangan nilai 0,600 sampai 0,800.
Tidak tersedia versi lain