Text
Korelasi Antara Budaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Az-zainabiyah Pramian Taman Sreseh Sampang
ABSTRAK
Siti Musrifatul Jannah, 2012, “Korelasi Antara Budaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Az-zainabiyah Pramian Taman Sreseh Sampang”. Skiripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing, Bapak Fathul Haliq M.Si.
Kata Kunci : Budaya Belajar, Prestasi Belajar
Lembaga pendidikan merupakan salah satu sistem organisasi yang bertujuan membuat perubahan kepada para peserta didik agar lebih baik, cerdas, beriman, bertaqwa serta mampu beradaptasi dengan lingkungan dan siap menghadapi perkembangan zaman. Kebudayaan dan belajar merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan satu dan lainnya baik itu antara budaya dan belajar itu sendiri. Budaya merupakan hasil belajar dan belajarpun berorientasikan kepada kebudayaan yang ada. Prestasi tidak akan pernah dihasilkan selama seseorang tidak melakukan suatu kegiatan. Perubahan yang terjadi dalam diri individu sebagai hasil dari pengalaman itu sebenarnya usaha dari individu itu sendiri dalam interaksi lingkungannya.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama ada tidaknya korelasi antara budaya belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Az-zainabiyah Pramian Taman Sreseh Sampang. Kedua, seberapa besar korelasi antara budaya belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Mts Az-zainabiyah Pramian Taman Sreseh Sampang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik yang sifatnya adalah korelasi, yaitu mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain. Dalam hal ini mencari hubungan antara budaya belajar dengan prestasi belajar siswa. Populasi penelitian adalah Siswa MTs Az-Zainabiyah Pramian Sreseh Sampang tahun ajaran 2011-2012. Peneliti mengambil sampel dengan jumlah 30 siswa dari 20% populasi yang ada, ditentukan menggunakan tehnik stratified propotional random sampling. Instrument yang dingunakan angket dan nilai mata pelajaran fiqih, sedangkan dokumentasi adalah sebagai penunjang. Pengumpulan data berlangsung kurang lebih 1 bulan mulai tanggal 21 mei sampai 15 juni. Tehnik yang digunakan adalah analisis data statistik dengan tehnik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa :korelasi antara budaya belajar dengan prestasi belajar siswa di MTs Az-Zainabiyah Pramian Taman Sreseh Sampang tidak ada.
Berdasarkan analisis data yang dijelaskan di bab IV ternyata tidak ada korelasi antara budaya belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Az-zainabiyah Pramian Taman Sreseh Sampang. Hal ini karena rxy = 0,1840 dan rt = 0,361 rxy nilainya lebih rendah dari pada rt sehingga hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis nihil diterima.
Jadi tidak ada korelasi antara budaya belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Az-Zainabiyah Pramian Taman Sreseh Sampang.
Tidak tersedia versi lain