Text
Problematika Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA PGRI Sumenep
ABSTRAK
Moh. Zaini, 2012, Problematika Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA PGRI Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAIN Pamekasan, Pembimbing: Siswanto M.Pd. I.
Kata Kunci: Pengembangan kurikulum PAI
Kurangnya persiapan dalam pengembangan kurikulum cendrung mendatangkan problem yang banyak dan berat, seperti halnya yang terjadi di SMA PGRI Sumenep, berdasakan penuturan wakil kepala sekolah dalam bidang kurikulum yang menyatakan bahwa dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMA PGRI Sumenep terdapat beberapa problematika yang mengakibatkan target pencapaian tidak maksimal.
Berdasarkan hal di atas, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apa saja problematika pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMA PGRI Sumenep; kedua, apa saja yang menyebabkan munculnya problematika pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMA PGRI Sumenep; ketiga, solusi apa saja yang dilakukan dalam mengatasi problematika pengembangn kurikulum pendidikan agama Islam di SMA PGRI Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber datanya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama: Problematika pengembangan kurikulum pendidikan agam Islam di SMA PGRI Sumenep itu ada dua, yang pertama yaitu: siswa baru yang masuk di SMA PGRI Sumenep rata – rata memiliki pemahaman mata pelajaran PAI rendah, yang ke dua yaitu: tidak adanya sarana dan prasarana ibadah (Mushalla). Kedua: Yang menyebabkan problematika pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di atas yang pertama yaitu kurangnnya minat belajar siswa terhadap PAI, dan kurangnya motifasi dan dukungan yang diberikan orang tua, dan kedua yaitu lemahnya pendanaan sekolah. Ketiga: Solusi yang diterapkan untuk mengatasi problematika pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMA PGRI Sumenep yaitu diterapkannya upaya dalam jangka pendek dan upaya jangka panjang.
Agar program pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMA PGRI Sumenep berjalan dengan seperti yang diharapkan, maka kesungguhan dan kerjakeras sangat perlu dilakukan terus menerus dalam mengevaluasi kurikulum yang digunakan serta selalu berupaya mencari solusi yang lebih baik terhadap problematika yang bisa menghambat terhadap tujuan dari pengembangan kurikulum itu sendiri.
Tidak tersedia versi lain