Text
Implementasi Belajar Tuntas pada Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan
ABSTRAK
Misbahul Munir 2011, Implementasi Belajar Tuntas pada Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan,
Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembimbing Drs.H.Saiful Arif, M.Pd.
Kata kunci: Implementasi Belajar Tuntas, Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadits
Ada tiga pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana implementasi belajar tuntas pada proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Mujtama' Plakpak Pegantenan Pamekasan (2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi belajar tuntas pada proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Mujtama' Plakpak Pegantenan Pamekasan? (3). Bagaimana upaya untuk mengatasi faktor penghambat implementasi belajar tuntas pada proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Mujtama' Plakpak Pegantenan Pamekasan?
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendiskripsikan implementasi belajar tuntas pada proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Mujtama' Plakpak Pegantenan Pamekasan (2) Untuk mengidentifikasi faktor-pendukung dan penghambat implementasi belajar tuntas pada proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Mujtama' Plakpak Pegantenan Pamekasan. (3). Untuk mendiskripsikan upaya-upaya apa yang dilakukan dalam mengatasi hambatan implementasi belajar tuntas pada proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Mujtama' Plakpak Pegantenan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Dengan jenis diskriptif. Data yang di peroleh yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan tringulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan, Pertama, implementasi belajar tuntas pada proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Mujtama’ PlakPak Pegantenan Pamekasan adalah masih dalam taraf penyesuaian diri terhadap teori belajar tuntas dan masih membutuhkan evaluasi penyempurnaan. Kedua, Faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana yang memadai, dana, dukungan dari pemerintah dan stakeholderlainnya, adanya kegiatan eksta keagamaan, Sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu 2 jam pelajaran x 45 menit, umumya guru masih mengalami kesulitan membuat perencanaan belajar tuntas, di berlakukannya UAN dan UAS, materi terlalu padat. Ketiga, upaya untuk mengatasi faktor penghambat implementasi belajar tuntas pada proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Mujtama' Plakpak Pegantenan Pamekasan adalah mengadakan diklat/ pelatihan bagi guru-guru, diadakannya MGMP, menyeleksi materi yang bersifat esensial atau kurang esensial, memberikan motivasi kepada siswa, kerja sama guru dan orang tua.
Tidak tersedia versi lain