Text
Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Program Akselerasi Di MTs Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan
ABSTRAK
Lutfiyah, 2012, Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Program Akselerasi Di MTs Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci : Program Akselerasi / Percepatan Belajar, Pembelajaran, dan
Pendidikan Agama Islam.
Anak berbakat memiliki kepribadian yang unik Umumnya mereka memiliki kecerdasan dan bakat istimewa terhadap berbagai bidang yang menjadi ketertarikannya, selain itu sangat otonom dalam membuat keputusan dan menentukan tindakan, serta dipadu dengan task commitment yang tinggi. Mereka membutuhkan layanan pendidikan spesifik agar potensi keberbakatannya dapat berkembang sehingga mencapai aktualisasi diri yang optimal. Mendorong aktualisasi potensi keberbakatan anak, pada perkembangannya akan menjadi salah satu pilar kekuatan bangsa dalam pertarungan dan persaingan antar bangsa-bangsa di era global. Tanpa pelayanan pendidikan yang relevan, anak berbakat akan menjadi kelompok marjinal yang gagal memberikan sumbangan signifikan bagi kemajuan bangsa ini.
Salah satu bentuk pelayanan pendidikan bagi siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa adalah melalui program akselerasi (percepatan belajar). Dengan kata lain program untuk mempercepat masa studi bagi siswa yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Yang berhak untuk mendapat perhatian khusus agar dipacu perkembangan prestasi dan bakatnya. Misalnya SD diselesaikan dalam 4 tahun, SMP dalam 2 tahun begitu juga dengan tingkat SMA.
Ada dua fokus permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada program akselerasi di MTs Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan ? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada program akselerasi di MTs Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan ?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada program akselerasi di MTs Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan, (2) Untuk mendiskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada program akselerasi di MTs Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan berparadigma Deskriptif-Kualitatif. Dan jenis penelitiannya adalah menggunakan teknik analisis Deskriptif (non statistik). Data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi.
Tidak tersedia versi lain