Text
Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya (Studi Kasus di SMP Ibnu Abu Rasyad Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang)
ABSTRAK
Ibnu Humaidi, 2012. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya (Studi Kasus di SMP Ibnu Abu Rasyad Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang) Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Drs. H. Nor Hasan M. Ag
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Budaya.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana strategi pembelajaran PAI di SMP Ibnu Abu Rasyad Kec. Sampang Kab. Sampang. Kedua, Bagaimana faktor pendukung strategi pembelajaran PAI berbasis budaya di SMP Ibnu Abu Rasyad Kec. Sampang Kab. Sampang.
Sumber data penelitian ini adalah guru PAI SMP Ibnu Abu Rasyad Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang yang merupakan subjek utama dalam penelitian ini yang merupakan figur central dan pelaksana strategi pembelajaran PAI berbasis budaya di SMP Ibnu Abu Rasyad Kec. Sampang Kab. Sampang. Waka. Kurikulum dan siswa sebagai subjek pendukung (sekunder). Prosedur pengumpulan data adalah wawancara observesi, dan dokumentasi. Pengumpulan data berlangsung selama kurang lebih satu bulan lima belas hari . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa, strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis budaya di SMP Ibnu Abu Rasyad Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang benar-benar telah dilaksanakan sebagaimana teori yang ada, namun dalam pelaksanaan tersebut masih ada beberapa hal yang belum sesuai dengan teori.
(1). Strategi pembelajaran PAI berbasis budaya di SMP Ibnu Abu Rasyad Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang adalah: (a). Siswa tidak paham dalam menganalisis budaya yang disesuaikan dengan konsep, prinsip atau topik pelajaran yang akan dibahas (b). Siswa menggunakan bidang ilmu dan budaya sebagai landasan berfikir kritis dalam menyelesaikan masalah (c) Siswa dapat menciptakan kegiatan belajar yang bermakna melalui interaksi aktif (d) Adanya kaedah keilmuan yang merupakan bagian dari budaya (e) Siswa memiliki pemahaman yang terintegrasi dalam keterampilan ilmiah.
(2). Faktor pendukung pelaksanaan strategi pembelajaran PAI berbasis budaya di SMP IbnuAbu Rasyad Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang antara lain; (a). Dalam kegiatan belajar mengajar guru dan siswa berpartisipasi aktif, (b). Siswa sangat senang dengan strategi yang telah diterapkan, (c). Interaksi menjadi akomodasi penciptaan makna dari ilmu pengetahuan, (d). Siswa tidak menggunakan ragam perwujudan budaya dalam proses hasil belajar.
Tidak tersedia versi lain