Text
Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kualitas Belajar Siswa di SMPN 1 Lenteng Kec. Lenteng Kab. Sumenep. Skripsi STAIN, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Syaiful Bahri, 2011, Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kualitas Belajar Siswa di SMPN 1 Lenteng Kec. Lenteng Kab. Sumenep. Skripsi STAIN, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Pamekasan, pembimbing : Dra . Hj. Waqiatul Masruroh, M.Si
Kata Kunci : Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kualitas Belajar Siswa
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, ada tidaknya Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kualitas Belajar Siswa di SMPN 1 Lenteng Kec. Lenteng Kab. Sumenep, kedua, seberapa besar Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kualitas Belajar Siswa di SMPN 1 Lenteng Kec. Lenteng Kab. Sumenep.
Populasi penelitiannya adalah siswa-siswi kelas VIII A sampai kelas VIII D SMPN 1 Lenteng tahun pelajaran 2010-2011 sebanyak 109 siswa. Karena populasinya terhitung banyak maka di ambil sampel dari kelas VIII A sample yang diteliti 20% dari populasi yang ada (sebanyak 30 siswa) dengan menggunakan purposive sampel (sampel bertujuan). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Sedangkan observasi, interview, dan dokumentasi adalah sebagai data penunjang. pengumpulan data dimulai tanggal 21 April 2011 sampai tanggal 19 Mei 2011. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistic dengan tehnik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam mempunyai dampak yang cukup siknifikan Terhadap Kualitas Belajar Siswa di SMPN 1 Lenteng Kec. Lenteng Kab. Sumenep. Hal ini terbukti dari analisis statistic yang menunjukkan bahwa “r” kerja 0.696 lebih besar daripada harga kritik product momen pada interval kepercayaan 95% = 0.361 maupun pada interval kepercayaan 99% = 0.464 dan “r” kerja ketika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi berada pada interval diantara 0.600 sampai dengan 0.800 dengan nilai interpretasi cukup berdasarkan hasil penelitian diatas maka hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini diterima.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam perlu ditingkatkan agar mutu pendidikan agamanya baik dan semakin meningkat. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan cara lebih meningkatkan lagi dalam penggunaan berbagai macam metode mengajar sehingga nantinya kegiatan proses pembelajarannya berjalan dengan baik.
Tidak tersedia versi lain