Text
Telaah Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Washaya al-Aba’ Li al-Abna’ Karya Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandari, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Nur Hadie, 2011, Telaah Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Washaya al-Aba’ Li al-Abna’ Karya Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandari, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.
Kata Kunci :Pendidikan Akhlak, KitabWashaya al-Aba’ Lial-Abna’
Sebagai counter terhadap degradasi moral yang akhir-akhir ini semakin menggejala, pendidikan akhlak dengan konsep yang benar tepat merupakan hal yang niscaya. Ia memainkan peranan sangat signifikan dalam upaya membangun karakter (character building) generasi bangsa dengan perilaku terpuji (akhlaq al-karimah) dan terhindar dari perilaku-perilaku tercela (akhlaq al-madzmumah).
Persoalan pendidikan akhlak dalam kajian ini dirumuskan pada dua pokok kajian utama. Pertama, apa isi pokok kandungan kitab Washaya al-Aba’ Li al-Abna’ kaitannyadengan akhlak. Kedua ,bagaimana metode-metode pendidikan akhlak menurut Syeikh Muhammad Syakir Al-Iskandari dalam kitab Washaya al-Aba’ Li al-Abna’. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pokok-pokok kandungan kitab tersebut dan metode pendidikan akhlak karya Syeikh Muhammad Syakir Al-Iskandari.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka(library research) yang ditekankan pada kitab Washaya al-Aba’ Li al-Abna’ dan mengumpulkan kepustakaan atau bahan-bahan bacaan yang relevan dengan masalah-masalah yang diangkat yaitu tentang metode pendidikan akhlak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif yang bertumpu padacontent analysis.Data-data yang diperoleh ini berupaya mengkaji dan mengaitkan data-data tersebut dengan permasalahan untuk mendapatkan kejelasan terhadap permasalahan pokok yang dibahas.
Dari hasil penelitian ini, secara garis besar didapati bahwa kandungan kitab Washaya al-Aba’ Li al-Abna’memuat antara lain; akhlak terhadap Allah dan Rasul-Nya, akhlak terhadap orang tua, akhlak anak didik terhadap guru, saudara dan teman-temannya, akhlak dalam mencari ilmu, tentang sifat-sifat terpuji, seperti takwa, jujur, amanah, ikhlash, menjaga diri(ifffah), taubat, cemas (khauf), berharaf (raja’), sabar, syukur, tawakal, zuhud, menjaga harga diri (muru’ah), sikap ksatria (syahamah), dan kehormataan diri (izzat- al-nafsi), juga sifat-sifat tercela yang harus dijauhi seperti iri, dengki, sombong, mengadu domba dan lain sebagainya. Adapun metode-metode pendidikan akhlak yang digunakan oleh Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandari dalam kitab Washaya al-Aba’ Li al-Abna’ adalah metode nasehat, metode pembiasaan, metode kisah, metode dialog, metode perumpamaan, metodemuhasabah, metodetarghibdantahdib.
Tidak tersedia versi lain