Text
Optimalisasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa di MA Al-Falah Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Lailatul Jum’ah, 2011, Optimalisasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa di MA Al-Falah Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr. Atiqullah, S. Ag, M.P.d.
Kata Kunci : Manajemen Kelas dan Kepribadian.
Penelitian ini di fokuskan pada dua permasalahan yang menjadi kajian utama peneliti. Pertama, bagaimana optimalisasi manajemen kelas dalam meningkatkan kepribadian siswa di MA Al-Falah Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Kedua, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi optimalisasi manajemen kelas di MA Al-Falah Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif, data yang diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dayta tersebut di analisis dengan analisis kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dari bulan Mei sampai Juni 2011.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi manajemen kelas dalam meningkatkan kepribadian siswa di MA Al-Falah Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan adalah sudah optimal. Sebagian besar guru lebih mengutamakan bagaimana guru itu bisa memberi contoh yang baik, menjadi teladan bagi siswa atau anak didiknya. Tidak membeda-bedakan siswa, mampu menciptakan kondisi belajar-mengajar yang optimal dan menyenangkan, guru harus bisa menjaga tingkah laku dan perkataannya kepada siswa, bisa mengontrol tingkah laku anak didiknya, serta guru mampu menerapkan kedisplinan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi optimalisasi manajemen kelas dalam meningkatkan kepribadian siswa di MA Al-Falah Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan yaitu Ada faktor pendukung dn faktor penghambat. Adapun faktor pendukung diantaranya ketika siswa ada yang mengganggu ketika proses belajar mengajar maka guru menegurnya, menasehatinya, diberihukuman yang sesuai dengan perbuatannya. Namun tidak semua siswa itu mengganggu dan nakal karena kepribadian siswa itu berbeda-beda. Adapun faktor penghambat diantaranya siswa kurang disiplin (sering terlambat), kemalasan siswa dalam mengikuti mata pelajaran, kurangnya kesopanan siswa, siswa sering melanggar tata tertib yang ada di kelas, pergaulan bebas, tidur-tiduran, berbisik-bisik, mengganggu teman di sebelahnya, dan lain-lain.
Berdasarkan hasil penelitian di atas hendaknya guru berupaya memberikan yang terbaik, dengan penuh ikhlas mengemban tugas dan tanggung jawabnya dengan penuh kesabaran, telaten, dan kesadaran yang tinggi serta teladan kepada siswanya di kelas, di luar kelas, bahkan di luar sekolah.
Tidak tersedia versi lain