Skripsi Motivasi guru dalam membelajarkan siswa di MTs Sulthan Muhammad Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Samhaji, 2010 Skripsi Motivasi guru dalam membelajarkan siswa di MTs Sulthan Muhammad Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Pembimbing Dr. Atiqullah, M.Pd.
Kata kunci, Motivasi, Belajar, madrasah Tsanawiyah.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.
Pertama, Tingkat motivasi belajar siswa di madarsah tsanawiyah Sulthan Muhammad Bulangan Haji Pegantenan Pamekasan. Kedua, faktor yang berpengaruh tehadap motivasi belajar siswa di madarsah tsanawiyah Sulthan Muhammad Bulangan Haji Pegantenan Pamekasan. Ketiga, upaya guru dalam memotivasi belajar siswa di madarsah tsanawiyah Sulthan Muhammad Bulangan Haji Pegantenan Pamekasan
Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, para gutu, serta beberapa siswa untuk melengkapi data yang diperoleh dari sumber data utama. Dan juga orang tua siswa. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data membutuhkan waktu lebih dari satu bulan. Teknik analisis data memakai teknik analisis data diskriptif.
Hasil penilitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah madarsah tsanawiyah Sulthan Muhammad Bulangan Haji Pegantenan Pamekasan masih rendah. Hal tersebut tampak dari kedisiplinan siswa, kurangnya antusias siswa ketika belajar, mengabaikan materi pelajaran, serta kurangnya pemahaman terhadap materi yang diajarkan hal itu disebabkan beberapa faktor antara lain: Faktor intern, hilangnya konsentrasi belajar dalam kelas, rendahnya niat dan minat mereka untuk belajar dengan baik, kurangnya kesadaran terhadap pentingnya belajar ilmu pengetahuan bagi masa depan mereka, serta kurangnya membiasakan diri belajar ilmu agama dengan baik. Faktor ekstern, lingkungan madrasah itu sendiri, pergaulan diluar madrasah, dan metode mengajar guru serta dukungan dari orang tua yang kurang memberikan dorongan terhadap anaknya dalam rangka melaksanakan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah madarsah tsanawiyah Sulthan Muhammad Bulangan Haji Pegantenan Pamekasan ini dengan sebaik-baiknya.
Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan mengadakan bimbingan dan pelatihan evaluasi, praktek, metode belajar mengajar yang variatif, pertemuan dengan orang tua siswa, dan mengoptimalkan perangkat yang ada, serta menumbukan kesadaran bagi siswa tentang pentingnya ilmu pengetahuan terutama ilmu agama bagi masa depan mereka. Oleh karena itu, kepala madrasah dan para guru harus merespon dan berpartisipasi terhadap pelaksanaan tersebut demi terciptanya harapan sehingga apa yang di inginkan bisa terlaksana dan tercapai dengan baik.
Tidak tersedia versi lain