Text
Optimalisasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling dalam Penenuan Jurusan Siswa di MAN Pamekasan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
ABSTRAK
Nur Aisyah 2011, Optimalisasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling dalam Penenuan Jurusan Siswa di MAN Pamekasan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembimbing; Drs. H. Saiful Arif, M Pd
Kata kunci: Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling, Penentuan Jurusan
Tugas guru BK di sekolah adalah memberikan layanan bantuan berupa bimbingan kepada siswa, termasuk bimbingan dalam penentuan jurusan. Dengan adanya layanan bimbingan ini akan dapat membantu siswa agar tidak salah pilih jurusan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan mereka. Namun kenyataan yang ada, di MAN Pamekasan masih ada sebagian siswa yang salah mauk jurusan karena bimbingan guru BK masih kurang optimal.
Ada tiga pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kinerja guru bimbingan dan konseling dalam penentuan jurusan siswa di MAN Pamekasan ? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari kinerja guru bimbingan dan konseling dalam penentuan jurusan bagi siswa di MAN Pamekasan ? (3) Bagaimana optimalisasi dari kinerja guru bimbingan dan konseling dalam penentuan jurusan siswa di MAN Pamekasan ?
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan kinerja guru bimbingan dan konseling dalam penentuan jurusan siswa di MAN Pamekasan, (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kinerja guru bimbingan dan konseling dalam penentuan jurusan siswa di MAN Pamekasan, (3) Untuk mendeskripsikan optimalisasi kinerja guru bimbingan dan konseling dalam penentuan jurusan siswa di MAN Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis grounded Teory. Data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan peneliti, dan Triangulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan Pertama, kinerja guru bimbingan dan konseling dalam penentuan jurusan siswa adalah memberikan informasi tentang jurusan yang ada di sekolah, menyebarkan angket penjurusan, bekerjasama dengan wali kelas dan guru pengajar. Kedua, Faktor pendukung dari kinerja guru BK dalam penentuan jurusan siswa di MAN Pamekasan adalah adanya kerjasama wali kelas dan guru pengajar, dan adanya kemauan beberapa siswa untuk berkonsultasi dengan guru BK. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih ada siswa yang enggan untuk berkonsultasi dengan guru BK, terbatasnya pendanaan, tidak adanya buku pedoman jurusan, tidak adanya jam tatap muka untuk guru BK, kurangnya personel BK, tidak adanya MGBK dari Kementrian Agama, dan juga tidak ada standart baku bentuk evaluasi bimbingan. Ketiga, optimalisasi dari kinerja guru BK dalam penentuan jurusan siswa di MAN Pamekasan sudah bisa dikatakan cukup optimal. Karena dari sekian indikator kinerja yaitu, hanya beberapa item saja yang tidak terpenuhi yaitu tidak adanya jam tatap muka bagi guru BK dan tidak adanya laporan bulanan
Tidak tersedia versi lain