Text
Guru Profesional Perspektif Imam Al-Zarnuji (Study Analisis Terhadap Kitab Ta’lim Al Muta’allim). Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Study Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Indah Yulianti, 2010, Guru Profesional Perspektif Imam Al-Zarnuji (Study Analisis Terhadap Kitab Ta’lim Al Muta’allim). Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Study Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing Drs.H.Moh Rasyid Ridho, M.Ag.
Kata kunci : Guru, Guru Profesional.
Penelitian ini difokuskan pada tiga permasalahan, yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana guru profesional menurut imam Al-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al Muta’allim, 2) Bagaimana menjadi guru yang baik dan professional menurut imam Al-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al Muta’allim, 3) Bagaimana fungsi guru yang baik dan professional menurut imam Al-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al Muta’allim.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang di peroleh dengan cara peneltiian pustaka (Library research), kemudian data tersebut di analisis dengan analisis deskriptif (berbentuk uraian-uraian). Kemudian seluruh data tersebut di cek keabsahannya, ketekunan dan uraian rinci.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru profesional sangatlah diperlukan oleh semua guru khususnya guru PAI. Karena guru professional menurut imam Al-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al Muta’allim adalah guru yang bersifat waro’ dan lebih tua darimuridnya.. Ada beberapa cara untuk menjadi seorang guru yang baik dan professional menurut Al-Zarnuji, yaitu dengan cara mempunyai kepribadian yang tinggi terhadap penguasaan ilmu, kedisiplinan mengajar kepada anak didiknya, tapi yang lebih dominan guru professional menurut Al-Zarnuji diperoleh berdasarkan kepribadiannya sendiri dan harus mengedepankan ilmu tauhid. Dengan kata lain diperoleh dan mewujudkan norma-norma yang tinggi pada diri guru yaitu tanggung jawab, kejujuran dan kesabaran. Sedangkan fungsi guru professional menurut Al-Zarnuji adalah sebagai upaya mengantarkan anak didik ke arah pertumbuhan kognitif, afiktif dan psikomotorik dan dapat menambah semangat belajar siswa atau anak didik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru profesional perspektif imam Al-Zarnuji (Study Analisis Terhadap Kitab Ta’lim Al Muta’allim), sangat penting khususnya bagi seorang guru agama islam, dan dapat menjadikan siswa lebih bersikap ta’dzim dan patuh sehingga terjadi penjumudan dan nalar siswa untuk belajar.
Tidak tersedia versi lain