Text
Strategi Persaingan Antar Pedagang Dalam Penjualan Daging Sapi Di Pasar Pagendingan Galis Pamekasan
Kata Kunci: Strategi, Persaingan, Pasar.
Salah satu Aktifitas masyarakat Indonesia dalam bidang ekonomi ialah
berdagang, dalam perdagangan tersebut akan timbul sebuah persaingan. Dalam
persaingan membutuhkan strategi untuk dapat memikat minat konsumen. Salah
satunya di Pasar Pagendingan, dimana terdapat empat kios pedagang daging sapi
yang salah satunya lebih maju dibandingkan ketiga kios daging sapi lainnya. Maka
dari itu pentingnya bagaimana mengetahui strategi bersaing pada para pedagang
daging sapi di Pasar Pagendingan Galis Pamekasan. Dan perlunya mengetahui
strategi yang paling efektif dalam penjualan daging sapi di psar Pagendingan Galis
Pamekasan.
Dari uraian daiatas penelitian ini memiliki 2 fokus penelitian; pertama,
bagaimana strategi persaingan antar pedagang dalam penjualan daging sapi di Pasar
Pagendingan Galis Pamekasan. Kedua, bagaiamana efektivitas strategi bersaing
yang digunakan dalam penjualan daging sapi di Pasar Pagendingan Galis
Pamekasan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan empiris
dimana prosedur penelitiannya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata
tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dengan tujuan
menggambarkan, mengungkapkan dan menjelaskan yang berkaitan dengan
dinamika hubungan antar fenomena yang diamati. Penelitian ini menggunakan
metode pengumpulan data observasi nonpartisipan yaitu mejadikan peneliti sebagai
penyaksi terhadap gejala atau kejadian yang menjadi topik penelitian. Dengan
menggunakan metode wawancara semi terstruktur agar lebih memudahkan peneliti
mengajukan pertanyaan kepada responden.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa,
pertama; Strategi bersaing yang digunakan para pedagang daging sapi di pasar
Pagendingan yaitu menggunakan strategi kualitas produk, pelayanan, dan harga
terhadap para pelanggannya. karena para pedagang daging sapi disana berusaha
untuk memenuhi permintaan pelanggannya dan juga sebisa mungkin untuk
bertindak sesuai harapan para pelanggannya. Kedua, Strategi efektivitas bersaing
yang digunakan dalam penjulan daging sapi di Pasar Pagendingan Galis Pamekasan
menggunakan strategi kualitas produk sebagai strategi yang paling ampuh dalam
menarik minat beli konsumen. karena kualitas produk tidak diterapkan pada semua
kios daging sapi di pasar, hanya salah satu kios saja yang menerapkan strategi
kualitas produk yakni pada kios Ibu Yeyen, yang menyebabkan paling banyak
pelanggan dibandingkan kios daging sapi yang lain
Tidak tersedia versi lain