Text
Pengaruh Motivasi dan Pelatihan terhadap Minat Investasi pada Pasar Modal Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Madura)
Kata kunci: Motivasi, pelatihan, minat investasi
Pengetahuan tentang pasar modal sudah banyak diajarkan di IAIN Madura,
dengan tujuan menuju pembangunan Indonesia yang lebih baik. Namun yang menjadi
ketimpangan terhadap perkembangan transaksi di pasar modal, khususnya mahasiswa
IAIN Madura, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sangat sedikit. Data tersebut dapat
dilihat dari data tahun 2020 pada bulan Pebruari yang hanya ditemukan sebanyak 55
orang mahasiswa yang bertransaksi di pasar modal, sehingga hal itu sangat tidak
seimbang dilihat dari banyaknya mahasiswa IAIN Madura pada Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah motivasi dan pelatihan
secara persial berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam di pasar modal syariah?, (2) apakah motivasi dan pelatihan secara
simulatan berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam di pasar modal syariah?, (3) manakah variabel motivasi dan pelatihan
yang memiliki pengaruh paling besar terhadap minat investasi mahasiswa Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam di pasar modal syariah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini
adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura angkatan
2020/2021, 2019/2020, dan 2018/2019 sebanyak 1.136 orang. Sedangkan sampel
penelitian sebanyak 92 orang dengan menggunakan teknik stratified proportional
random sampling. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah mahasiswa,
sedangkan sumber data sekunder adalah petugas Galeri Investasi IAIN Madura.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi (X1), pelatihan (X2), dan minat
investasi (Y) adalah berupa soal-soal angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi berpengaruh positif
terhadap minat investasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di pasar
modal syariah yang ditunjukkan dengan adanya hubungan antara motivasi (X1) dan Y
(minat investasi) sebesar 0.764, (2) pelatihan berpengaruh positif terhadap minat
investasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di pasar modal syariah yang
ditunjukkan dengan adanya hubungan antara pelatihan (X2) dan Y (minat investasi)
sebesar 0.736, (3) motivasi dan pelatihan secara simultan berpengaruh positif
terhadap minat investasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di pasar
modal syariah yang ditunjukkan bahwa F hitung = 9.522 dengan tingkat signifikansi
0.030, sehingga probabilitas 0.030 lebih kecil dari 0.05, (4) pelatihan memiliki
pengaruh paling besar terhadap minat investasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam di pasar modal syariah yang ditunjukkan adanya hubungan antara X2
dan Y dengan cofficients regresi sebesar 0.209
Tidak tersedia versi lain