Text
Pengaruh Influencer, Harga, dan Kualitas Produk terhadap minat beli masyarakat pada Kuliner Seblak Sakera di Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Influencer, Harga, Kualitas Produk, Minat Beli
Influencer memanfaatkan media sosial sebagai kesempatan utama bagi para
pelaku usaha dalam membentuk perilaku konsumen dan memunculkan minat beli.
Faktor yang menunjukkan tingkat minat beli konsumen salah satunya juga adalah
harga. Selain harga, Kualitas Produk dari makanan itu sendiri menjadi penentu
tingkat minat beli konsumen. Ketiga faktor tersebut yang menjadi penelitian kali ini.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu: apakah influencer, harga, dan
kualitas produk secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap minat beli
Masyarakat pada kuliner seblak Sakera di Kabupaten Pamekasan, dan seberapa besar
pengaruh tersebut. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh
Influencer, Harga, dan Kualitas Produk terhadap minat beli masyarakat pada Kuliner
Seblak Sakera di Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang
dari hasil kuisioner. Pengambilan sampel menggunakan metode Insidental sampling
dengan jumlah 90 data hasil kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda dengan Program SPSS 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, secara parsial Influencer
berpengaruh terhadap minat beli masyarakat pada Kuliner Seblak Sakera dengan nilai
thitung 3,882 < ttabel 1,987 sehingga dapat disimpulkan H1 diterima. Kedua, HArga
berpengaruh terhadap minat beli masyarakat pada Kuliner Seblak Sakera dengan nilai
thitung 2,229 > ttabel 1,987 sehingga dapat disimpulkan H2 diterima. Ketiga, Kualitas
Produk tidak berpengaruh terhadap minat beli masyarakat pada Kuliner Seblak
Sakera dengan nilai thitung 0,902 > ttabel 1,987 sehingga dapat disimpulkan H3 ditolak.
Sedangkan secara simultan Influencer, Harga, dan Kualitas Produk berpegaruh
terhadap minat beli masyarakat pada Kuliner Seblak Sakera yang diperoleh nilai
Fhitung sebesar 39,796 > Ftabel 3,101 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,581. Niilai
Adjusted R Sebesar 0,581 yang berarti sisa dari nilai tersebut dipengaruhi atau
dijelaskan oleh variabel lain diluar dari penelitian ini.sehingga dapat disimpulkan Ha
diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh Influencer, Harga, dan
Kualitas Produk terhadap minat beli masyarakat pada Kuliner Seblak Sakera di
Kabupaten Pamekasan
Tidak tersedia versi lain