Text
Pengaruh Pemahaman Riba dan Layanan Spaylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam di IAIN
Kata kunci: Spaylater, Riba, Perilaku Konsumtif
Shopee merupakan marketplace yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Berbabai
inovasi terus dikembangkan salah satunya adalah sistem pembayaran cicilan tanpa kartu kredit
yang dikenal dengan Spaylater. Spaylater dikenal dengan istilah “beli sekarang, bayar nanti”
namun dengan adanya bunga sebesar 2,95% membuat Spaylater mengandung unsur riba dan tidak
untuk digunakan oleh kalangan muslim. Kemudahan berbelanja dan pembayaran secara online
yang ditawarkan oleh spaylater membuat pelanggan secara tidak sadar telah berperilaku
konsumtif. Tujuan dari pelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman riba dan
spaylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Madura serta untuk mengetahui
apakah variabel pemahaman riba dan layanan spaylater berpengaruh secara simultan terhadap
perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Madura.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Metode
pengambilan sampel menggunakan teknik random sampel sederhana. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 109 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan
data primer yang diperoleh lagsung dari responden dengan penyebaran kuesioner melalui Google
Form.
Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel pemahaman riba
dan layanan spaylater berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa
FEBI IAIN Madura. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda melalui uji F variabel
pemahaman riba dan layanan spaylater secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap
perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Madura
Tidak tersedia versi lain