Text
Implementasi Strategi Pemasaran pada Usaha Caffe Bambu di Jalan Makboel Kabupaten Sampang dalam Perspektif Ekonomi Islam
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran Ekonomi Islam
Pemasaran merupakan strategi bisnis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran,
dan perubahan nilai dari seorang inisiator kepada pelanggannya. Menurut ajaran Islam,
kegiatan pemasaran harus dilandasi dengan nilai-nilai islami yang dijiwai oleh semangat ibadah
kepada Allah dan berusaha semaksimal mungkin kesejahteraan bersama.
Berdasarkan hal tersebut ada dua pokok tujuan yang ingin di capai dalam dalam
penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh
caffe Bambu. Kedua untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh caffe Bambu
sesuai dengan prinsip ekonoimi Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur,
observasi dan dokumentasi, Informannya adalah pemilik usaha, karyawan dan konsumen.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, dan
triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama Strategi pemasaran yang
dilakukan Caffe Bambu menggunakan dengan dua cara yang pertama menggunakan strategi
pemasaran secara offline dan online. Pemasaran secara offline yaitu para konsumen melakukan
pembelian secara langsung, serta Caffe Bambu memanfaatkan hubungan sosial yang ada
disekitar lingkungan, dan biasanya orang akan membicarakan terkait kualitas produk yang
dijual sehinga dari banyaknya pembicaraan ini menjadi suatu pemasaran. yang kedua
melakukan penjualan secara online yaitu dengan memanfaatkan media sosial untuk lebih
menjangkau pasar/konsumen yang lebih luas. Strategi pemasaran online adalah proses
penjualan yang memanfaaatkan media sosial, dengan menggunakan jaringan internet. Selain
itu Caffe Bambu juga menggunakan bauran pemasaran, dengan memperhatikan produk yang
dijual, harga yang ditetapkan, dan cara produk yang dijual dapat dijangkau serta melakukan
promosi utuk memperkenalkan usaha yang dijalankan. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh
Caffe Bambu sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Isalam karena dalam pelaksanaannya
mengedepankan kebeneran dan kejujuran, dengan memperjelas fasilitas yang ada serta
mendapatkan produk yang layak dengan harga yang jelas. Selain itu Caffe Bambu menjaga
kualitas produk yang dijual, memberikan pelayanan yang baik seperti karyawannya
berpenampilan rapi bersih, dan menerapkan salam senyum sapa untuk kepuasan konsumen
Tidak tersedia versi lain