Text
Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Pelayanan Servis Vidi Ac Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Di Perumahan Graha Kencana Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pelayanan, Loyalitas Konsumen
Etika bisnis Islam sangat berpengaruh besar pada setiap bidang usaha. Etika
bisnis Islam merupakan suatu modal utama yang harus dimiliki oleh setiap bidang
usaha. Vidi Ac merupakan suatu bidang usaha yang bergerak di sektor jasa. Etika
bisnis Islam berpengaruh juga kepada kualitas pelayanan yang diterapkan oleh
Vidi Ac. Kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang erat dengan loyalitas
konsumen. Apabila kualitas pelayanan suatu usaha itu baik atau prima maka
secara otomatis suatu bidang usaha akan mendapatkan suatu kepuasan para
konsumennya. Kepuasan ini akan juga mempengaruhi loyalitas konsumen
selanjutnya. Suatu bidang usaha harus memiliki persepsi yang sama dengan
pelanggan guna diperoleh hasil yang melebihi atau sama dengan harapan
pelanggan.
Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana
analisis etika bisnis Islam terhadap pelayanan servis Vidi Ac untuk meningkatkan
loyalitas konsumen di Perumahan Graha Kencana Kecamatan Tlanakan
Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang
diperoleh dari data primer melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informasinya adalah pemilik beserta karyawan Vidi Ac dan para pelanggan Vidi
Ac.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, etika bisnis Islam
sudah diterapkan dengan baik oleh Vidi Ac karena etika dalam berbisnis
merupakan suatu pondasi awal dalam setiap kegiatan bisnis. Kedua, Vidi Ac
menerapkan pelayanan yang baik dan prima guna mendapatkan minat konsumen.
Ketiga, lebih mengutamakan kepuasan konsumen guna mendapatkan loyalitas
konsumen. Kepuasan konsumen merupakan suatu patokan bila ingin mendapatkan
minat dan loyalitas konsumen
Tidak tersedia versi lain