Text
Pengaruh Self Managament Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Galis
Kata Kunci: Self Managament, Konsentrasi Belajar
Self management adalah kemampuan individu untuk mengatur diri sendiri secara efektif dalam mencapai sumber daya. Ini meliputi kemampuan mengatur waktu, prioritas, mengelola emosi, membuat keputusan yang tepat, dan mengatur diri sendiri untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sementara itu, konsentrasi belajar adalah kemampuan memusatkan perhatian pada pelajaran. Pemusatan perhatian tersebut bisa terjadi baik pada isi materi pelajaran maupun proses memperolehnya, seperti membaca, mendengarkan penjelasan guru, atau mengerjakan latihan soal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk menegetahui pengaruh self management terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galis dan, 2) Untuk mengetahui besaran pengaruh self management terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galis.
Dalam skripsi ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala yang indikatornya diperoleh dari ciri-ciri atau karakteristik self management dan tipe konsentrasi belajar. Subjek penelitian terdiri dari 25 responden. Analisis data dilakukan menggunakan teknik uji t (t-test) dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25 untuk menentukan apakah hipotesis diterima atau ditolak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dilihat dari hasil analisis data yang telah dilakukan diatas menunjukkan bahwa diketahui nilai R Square senilai 0,472 (47,2%). Maka hal ini menunjukkan bahwa dengan model regresi Dimana variable bebas (self managament) memiliki pengaruh terhadap variable terikat (konsentrasi belajar) sebanyak 47,2%. Dari tabel interpetasi r, dapat membuktikan bahwa self management dengan konsentrasi belajar dapat dilihat pada tabel hasil uji R diketahui nilai F hitung = 20,560 dengan Tingkat signifikan probabilitas 0,000 < 0,05, maka keputusannya model regresi linier dapat digunakan untuk memprediksi variabel konsentrasi belajar siswa kelas VIII yang dipengaruhi oleh bimbingan klasikal. Yang terkhir regresi linear sederhana dapat diuji menggunakan uji t, pada tabel 4.11, uji t diketahui bahwa, Y = 14,901 + 0,783 X. dari koefisien persamaan linear sederhana diatas, dapat diketahui nilai konstan bernilai 14,901 menunjukkan bahwa variabel self management bernilai nol atau tetap, maka akan meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VIII sebesar 14,901%. Variabel self management menunjukkan peningkatan 1%, bahwa apabila variabel self management meningkat satuan, maka akan meningkat sebesar 0,678 atau 6,78%.
Tidak tersedia versi lain