Text
Optimalisasi Pemanfaatan Smartphone Dalam Pembelajaran Untuk Mengendalikan Perilaku Siswa Kelas VII Di SMPN 3 Pamekasan
Kata Kunci: Pemanfaatan Smartphone, Pembelajaran, Perilaku
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan smartphone untuk siswa
sebagai media eletronik yang paling diminati di era modern ini. Selain mudah untuk
dibawa kemana-mana, smartphone juga menyediakan berbagai fitur seperti google,
media sosial, rekaman audio, dan video. Pembelajaran merupakan bantuan yang
diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan,
penguasaan kemahiran dan tabiat.Perilaku adalah suatu perbuatan atau aktivitas
atau sembarang respon baik itu reaksi, tanggapan, jawaban, atau balasan yang
dilakukan oleh suatu organisme. Dalam penelitan ini ada tiga fokus yang menjadi
kajian utama, antara lain: 1) Bagaimana kecenderungan pengguna smartphone oleh
siswa kelas VII dalam kegiatan pembelajaran?2) Bagaimana upaya sekolah dalam
mengoptimalkan pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran untuk
mengendalikan perilaku siswa?3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung
dalam pembelajaran untuk mengendalikan perilaku siswa?. Tujuan dari penelitian
ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kecenderungan pengguna smartphone oleh siswa
kelas VII dalam kegiatan pembelajaran, 2) Untuk mengetahui upaya sekolah dalam
mengoptimalkan pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran untuk
mengendalikan perilaku siswa, 3) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat
dan pendukung dalam pembelajaran untuk mengendalikan perilaku siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan
jenis deskriptif dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
data primer dan data sekunder, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu
reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan
data hasil penelitian menggunakan tahapan melalui triangulasi, dan perpanjangan
kehadiran.
Hasil dari penelitian ini yaitu:1)Kecenderungan penggunaan smartphone
dalam kegiatan pembelajaran yaitu;a) Siswa dilarang menggunakan smartphone
saat pembelajaran di lingkungan sekolah.b) Siswa diperbolehkan membawa
smartphone ketika pembelajaran proyek pancasila.c) Aplikasi yang sering
digunakan saat menggunakan smartphone.2)Upaya sekolah dalam
mengoptimalkan pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran yaitu a) Sekolah
menerapkan aturan yang tegas mengenai penggunaan smartphone b) Sekolah
membuat kebijakan tentang pemanfaatan aplikasi yang membantu siswa dalam
pembelajaran.3)Faktor penghambat dalam pembelajaran untuk mengendalikan
perilaku siswa yaitu a) Motivasi yang rendah. Sedangkan faktor pendukung
Lingkungan kelas yang positif
Tidak tersedia versi lain