Text
Hubungan Irrational Beliefs Dengan Perilaku Mencontek Pada Siswa di PP Al-amin Bugih Pamekasan
Kata Kunci: Irrational Beliefs, Perilaku Mencontek
Irrational beliefs adalah suatu keyakinan yang tidak logis dan tidak masuk
akal yang tidak disertai dengan bukti yang kuat. Sedangkan perilaku mencontek
adalah suatu perilaku tidak jujur yang dilakukan secara tidak sah dengan tujuan
untuk mendapatkan keberhasilan akademis atau menghindari kegagalan akademis.
Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengambil 3 fokus penelitian
diantaranya, (1) Bagaimana Gambaran Irrational Beliefs Pada Siswa di PP Alamin Bugih Pamekasan?, (2) Bagaimana Gambaran Perilaku Mencontek Pada
Siswa Di PP Al-amin Bugih Pamekasan?, (3) Bagaimana Hubungan Irrational
Beliefs Dengan Perilaku Mencontek Pada Siswa di PP Al-amin Bugih
Pamekasan?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan jenis deskriptif. Dengan prosedur pengumpulan data menggunakan
wawancara semi terstruktur, observasi non-partisipan, dan dokumentasi yang
berkaitan dengan penelitian. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data,
dan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti
menggunakan, ketekunan pengamatan, perpanjangan penelitian dan triangulasi
sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, gambaran irrational
beliefs pada siswa yaitu adanya keyakinan yang tidak masuk akal, adanya rasa
rendah diri dan tidak percaya diri, takut akan kegagalan dan sebuah penolakan.
Kedua, gambaran perilaku mencontek pada siswa yaitu melihat dan menyalin
jawaban teman, membawa dan melihat catatan, menggunakan ponsel, dan bekerja
sama dengan siswa lainnya. Ketiga, hubungan irrational beliefs dengan perilaku
mencontek memiliki hubungan yang signifikan, hal ini dilihat dari besarnya
irrational beliefs yang ada dalam diri siswa yaitu dengan adanya rasa rendah diri
dan ketakutan akan sebuah penolakan dan kegagalan.
Tidak tersedia versi lain