Text
ImplementasiPembelajaranAktif,Inovatif,Kreatif,Efektifdan Menyenangkanbagisiswakelas6padamatapelajaranfiqihdiMIAl-Kautsar
Katakunci:ImplementasiPAIKEM,Matapelajaranfiqih.
Gurumemilikiperananpalingpentingdalam sebuahprosespembelajaran.Oleh
karenaitu,gurudituntutuntukpintardalam memilihsebuahmetodemaupunmodel
yang akan digunakan ketika akan melaksanakan pembelajaran untuktercapainya
pembelajaranyangaktif,inovatif,kreatif,efektifdanmenyenangkan.PAIKEM didesain
untukmenjawabbeberapapermasalahanyangbanyakditemuiseoranggurudalam
prosesbelajarmengajar.Salahsatunyamengajakkepadasiswauntukselaluaktif
dalam mengikutipembelajaran,sehinggadalam dirisiswaterbentukjiwayangmandiri,
kritis,dankreatif.Makadariitu,gurudituntutuntukselalukreatifdalam menentukan
sebuahmetodemaupunmodeldalam sebuahprosespembelajaransesuaidengan
materiyangakandisampaikandandapatdenganmudahditerimaolehsiswa.
Fokuspenelitiankaliiniadalah:1)Bagaimanaimplementasimodelpembelajaran
PAIKEM bagisiswakelas6padamatapelajaranfiqihdiMIAl-Kautsar?,2).Apasaja
kendala dan solusiimplementasimodelPAIKEM bagisiswa kelas6 pada mata
pelajaranfiqihdiMIAl-Kautsar?.Penelitianinitermasukpenelitiankualitatifyang
menggunakanpenelitianlapangan(Fieldresearch).Subjekpadapenelitianiniadalah
gurupengajarmatapelajaranfiqihdikelas6MIAl-KautsardanSiswa-Siswikelas6di
MIAl-Kautsar.Adapunteknikpengumpulandatanyaadalahdenganmetodeobservasi,
wawancara dan dokumentasiserta analisisyang digunakan adalah reduksidata,
penyajiandanverifikasi.
Berdasarkanhasilanalisisdapatditemukanbahwa:1)Implementasimodel
PAIKEM dikelas6MIAl-Kautsardilaksanakandenganmetodediskusidanpemberian
angket.Siswalebihbanyakaktifdangurumenjadimonitoringdalam proseskegiatan
mangajar.2)Kendalayangdialamidalam prosesimplementasiPAIKEM diMIAlKautsaradalah kurangnya pemberadaan media pembelajaran sebagaipenunjang
proseskegiatanbelajarmengajar.Dansolusiyangdiambilolehparaguruadalah
denganmencobamembuatmediapembelajaransecaramandiri.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain