Text
Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Tajwid Kelas 5 di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu Kabupaten PamekasanPenggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Tajwid Kelas 5 di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Siswa, Metode, Hasil Belajar, Metode Index Card Match.
Mencocokkan kartu atau mencari pasangan kartu yang biasa dikenal dengan
metode Index Card Match merupakan cara belajar yang aktif dan menyenangkan.
Metode ini merupakan terobosan baru dan inovasi baru dalam proses
pembelajaran didalam kelas. Cara kerja metode ini yaitu mencari pasangan kartu
atau mencocokkan antara kartu soal dan jawaban. Guru merupakan kunci
keberhasilan dalam proses pembelajaran. Guru menjadi inti dalam proses
pengorganisasian, pengarahan, serta menciptakan suasana aktifitas mengajar yang
mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Pemahaman guru akan metode
pembelajaran dapat mempengaruhi peran dan aktifitas siswa didalam
pembelajaran. Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran adalah rendahnya
hasil belajar yang diperoleh siswa dan siswa pasif didalam kelas. Dengan
permasalahan tersebut terdapat dua rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu:
Pertama, Apakah penerapan metode Index Card Match akan meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ilmu tajwid kelas 5 di Madrasah Diniyah Nurul
Ulum Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan?,
Kedua, Bagaimana gambaran efektivitas metode Index Card Match dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu tajwid kelas 5 di
Madrasah Diniyah Nurul Ulum Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu
Kabupaten Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 Madrasah
Diniyah Nurul Ulum Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu Kabupaten
Pamekasan. Data yang diperoleh peneliti yaitu dengan menggunakan wawancara,
observasi, dokumentasi, tes hasil belajar, catatan lapangan, dan lembar
pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, hasil belajar siswa kelas 5
pada mata pelajaran ilmu tajwid di Madrasah Diniyah Nurul Ulum siklus I
memperoleh persentase ketuntasan belajar 65% sedangkan silus II meningkat
menjadi 90%, sehingga penggunaan metode Index Card Match dikatakan berhasil
meningkatkan hasil belajar siswa. Kedua, efektivitas penggunaan metode Index
Card Match pada siklus I persentase aktivitas guru yaitu 92,3% sedangkan pada
siklus II meningkat menjadi 98,07% dengan kriteria (sangat baik). Kemudian pada
aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 88,39%, sedangkan
pada siklus II meningkat menjadi 95,53% dengan kriteria (tinggi). Sehingga dapat
dipastikan bahwa penggunaan metode Index Card Match untuk meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu tajwid kelas 5 di Madrasah Diniyah
Nurul Ulum Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan
dikatakan efektif.
Tidak tersedia versi lain