Text
Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di MTsN 1 Pamekasan
Kata Kunci : Model Discovery Learning, Pembelajaran Akidah Akhlak
Pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model discovery learning adalah
pembelajaran yang melibatkan siswa langsung dalam proses pembelajaran, bruner menyatakan
bahwa model pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning mendorong peserta
didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan menarik kesimpulan dari pronsip-prinsip
umum berdasarkan pengalaman dan kegiatan praktis.
Adapun penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan
pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MTsN 1
Pamekasan? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak
dengan menggunakan model discovery learning di MTsN 1 Pamekasan? 3) Bagaimana evaluasi
pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model discovery learning di MTsN 1
Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, tekhnik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah
berikut : kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, sedangkan untuk
menguji keabsahan data yang diperoleh peneliti menggunakan triangulasi tekhnik dan triangulasi
sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak
dengan menggunakan model discovery learning di MTsN 1 Pamekasan yaitu Pertama, kegiatan
pendahuluan yaitu salam, berdoa, absensi siswa, stimulasi dan pernyataan masalah. Kedua,
kegiatan inti yaitu a) pengumpulan data b) pemrosesan data c) verifikasi dan ketiga, kegiatan
penutup yaitu generalisasi, memberi tugas individi dirumah, dan berdoa serta salam penutup. 2)
Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model
discovery learning di MTsN 1 Pamekasan yaitu faktor pendukung : a) Motivasi belajar dari guru
dan orang tua b) guru lebih terbuka dalam mengajar c) guru mempunyai jiwa yang himoris. d)
Peserta didik siap dan semangat dalam belajar. e) adanya fasilitas yang memadai sedangkan
Faktor penghambat : a) Ketidak siapan peserta didik menerima tugas. b) Egoisme peserta didik.
3) Evaluasi pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model discovery learning di
MTsN 1 Pamekasan yaitu menggunakan evaluasi formatif berupa tes objekstif brntuk pilihan
ganda dan penilaian sikap
Tidak tersedia versi lain