Text
Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Bab Haji di SMP Plus Darul Ulum Karanag Baru Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Penggunaan Media Pop Up Book, Hasil Belajar
Media Pop Up Book merupakan salah satu Media pembelajaran yang unik sekaligus
menarik perhatian siswa-siswi agar fokus dan antusias saat proses ppembelajaran serta media
Pop Up Book sangat membantu guru untuk menyampaikan materi kepada siswa-siswi. Maka dari
itu penulis melakukan penelitian penggunaan media Pop Up Book dalam meningkatkan
pemahaman materi bab haji. Penggunaan media Pop Up Book ini dilakukan oleh guru PAI di
SMP Plus Darul Ulum Karang Baru Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana guru menerapkan media Pop Up Book dalam
meningkatkan pemahaman materi bab haji di SMP Plus Darul Ulum Karang Baru Kecamatan
Larangan Kabupaten Pamekasan dan kedua, Bagaimana hasil belajar penggunaan media Pop Up
Book dalam meningkatkan pemahaman materi bab haji di SMP Plus Darul Ulum Karang Baru
Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deksriptif. Sumber data
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah,
guru PAI, siswa-siswi santri dan non santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Pop Up Book dilakukan oleh
guru PAI di SMP Plus Darul Ulum Karang Baru, guru mempersiapkan media tersebut yang
sudah tersedia di kantor. Setelah itu guru menggunakan media tersebut dengan langkah-langkah
sebagai berikut : pertama, guru membuka media Pop Up Book dan memperlihatkan rangkaian
gambar kepada siswa. Kedua, guru menjelaskan materi sesuai dengan rangkaian gambar yang
terdapat di halaman tersebut. Ketiga, guru mengulang kembali langkah pertama dan kedua
sehingga halaman terakhir serta Hasil belajar dalam penggunaan media Pop Up Book sangat
terlihat dengan keantusiasan siswa-siswi yang mendengarkan dan tidak ramai saat guru
menjelaskan materi, aktif bertanya dan menjawab dalam kelas, dilihat dari siswa-siswi selalu
mengajukan pertanyaan pada guru serta menjawab pertanyaan dari guru, lebih fokus dan paham
saat guru menjelaskan ketika kegiatan pembelajaran, dilihat dari jawaban siswa-siswi yang
diajukan oleh guru.
Tidak tersedia versi lain