Text
Strategi Out Door Pembelajaran Kepramukaan Dalam Meningkatkan Aspek Spritualitas Murid Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pamekasan,
Kata Kunci: Pembelajaran, Kepramukaan, Aspek Spritualitas
Strategi Out Door merupakan strategi yang mengajak siswa belajar di luar
kelas untuk melihat peristiwa langsung di lapangan dengan tujuan untuk
mengaakrabkan siswa dengan lingkungannya. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1
Pamekasan merupakan suatu lembaga yang bergerak dibidang pendidikan, dalam
suatu lembaga pendidikan sebuah kegiatan pembelajaran yang merupakan inti dari
kegiatan didalam madrasah tersebut guna memberikan pengetahuan serta
bimbingan kepada peserta didik. Pada era kemajuan zaman globalisasi dan
teknologi yang sangat pesat selalu mengalami perubahan, ini mengakibatkan
pergaulan yang semakin bebas, dan masuknya budaya-budaya asing ke dalam dunia
pendidikan, sehingga akan berdampak bagi pendidikan para remaja, khususnya
peserta didik. Hal ini juga mengakibatkan semakin lunturnya budaya-budaya serta
ciri khas yang ada di madrasah salah satunya yaitu kentalnya nilai-nilai keagamaan
seperti kemampuan berspritual yang semakin buruk. Hal tersebut memberikan
argumen kepada madrasah tentang suatu proses pembelajaran yang tidak bisa
mendidik serta membimbing murid agar memiliki kemampuan spritual yang baik
dan berkarakter yang baik seperti layaknya pelajar yang baik. Dari fenomena
tersebut sebuah penelitian dilakukan dengan judul: Strategi Out Door
Pembelajaran Kepramukaan dalam Meningkatkan Aspek Spritualitas Murid di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pamekasan, terdapat beberapa fokus yang ingin
peneliti teliti: 1. Bagaimana Desain Strategi Out Door Pembelajaran Kepramukaan
dalam Meningkatkan Aspek Spritualitas Murid di MTsN 1 Pamekasan, 2.
Bagaimana pelaksanaan Strategi Out Door Pembelajaran Kepramukaan dalam
Meningkatkan Aspek Spritualitas Murid di MTsN 1 Pamekasan, 3. Apa saja
karakter yang bisa terbentuk melalui penerapan Strategi Out Door Pembelajaran
Kepramukaan dalam Meningkatkan Aspek Spritualitas Murid di MTsN 1
Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Out Door
Pembelajaran Kepramukaan dalam Meningkatkan Aspek Spritualitas Murid di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pamekasan. Dalam penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang didapatkan oleh peneliti
yaitu data primer. Sedangkan metode pengumpulan datanya yaitu mengunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan
datanya peneliti menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
1) Hasil penelitian didapatkan yaitu: 1) Pada desain pembelajaran kepramukaan.
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pamekasan telah merancang proses kegiatan
pembelajaran kepramukaan yang digambarkan kedalam silabus materi
kegiatan kepramukaan. 2) Pada pelaksanaan penerapan pembelajaran
kepramukaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pamekasan bahwa
vi
pelaksanaan pembelajaran kepramukaan dilaksanakan indoor dan outdoor,
dilakukan seminggu sekali pada jumat sore jam 15.00- 16.45 dengan target
sasaran kelas VII dan VIII. 3) Pada suatu karakter yang bisa terbentuk melalui
penerapan pembelajaran kepramukaan dalam meningkatkan aspek spritualitas
akan selalu dilaksanakan di MTsN 1 Pamekasan karna dengan adanya
terbentuknya suatu karakter tersebut maka kita bisa mengetahui kekurangan
serta hambatan dalam pembelajaran sehingga bisa menemukan solusi untuk
mengatasi kekurangan serta hambatan tersebut. Maka dari itu dari hasil proses
terbentuknya suatu karakter terhadap pembelajaran kepramukaan dalam
kesehariannya, diantaranya yaitu : melatih siswa disiplin dalam segala hal, baik
itu datang saat latihan, saat ada panggilan untuk apel dan saat sholat
berjema’ah. Melatih siswa untuk bertanggung jawab, sopan dan santun ketika
sedang bertemu dengan kakak seniornya, menghargai satu sama lain dari
anggota pramuka dan berani mengutarakan pendapat dll.
Tidak tersedia versi lain