Text
Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Di MTs. Darut Thalibin
Kata Kunci: Kepemimpinan, Karakter dan Disiplin
Pemimpin lembaga pendidikan mempunyai tugas dan kepemimpinan
sangat penting untuk mencapai tujuan bersama. Kepemimpinanan yang sangat
penting yang harus dikembangkan oleh kepala madrasah salah satunya adalah
memonitoring kemajuan siswa. Pada dasarnya peserta didik membutuhkan
lembaga yang memiliki penerapan kepemimpinan yang baik agar mereka
mendapatkan layanan yang maksimal serta membentuk karakter-karakter yang
baik salah satunya yaitu karakter disiplin. Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus
penelitian, pertama gambaran karakter kedisiplinan siswa di MTs. Darut Thalibin;
kedua, bentuk kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun karakter
disiplin siswa di MTs. Darut Thalibin; dan ketiga faktor pendukung dan
penghambat kepala madrasah dalam membangun karakter disiplin siswa melalui
kepemimpinan kepala madrasah di MTs. Darut Thalibin
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis
penelitian deskriptif. Informannya adalah kepala sekolah MTs. Darut Thalibin,
Waka kesiswaaan, guru, staf dan beberapa siswa. Metode pengecekan keabsahan
data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan
triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam
menganalisis data diantaranya kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pertama, gambaran Karakter
Kedisiplinan Siswa Di Mts. Darut Thalibin yaitu kedisiplinan siswa di Mts Darut
Thalibin dapat dikatakan sudah baik. Karena para siswa mengikuti semua aturan
tata tertib yang dibuat oleh kepala sekolah dan jajarannya dan kepala sekolah
menindak dengan pemberian hukuman. Kedua Bentuk Kepemimpinan Kepala
Madrasah Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Di Mts. Darut Thalibin
yaitu kepala sekolah menjadi contoh dalam membangun kedisiplinan dengan
memulai kedisiplinan dari diri sendiri dengan datang selalu tepat waktu dan tidak
pernah telat. Ketiga, Faktor pendukung meliputi adanya kontrol dari guur; adanya
dukungan dari masyarakat dan adanya kebersamaan dari para stakeholder untuk
mendukung aturan yang telah dibuat. Faktor penghambatnya tidak banyak yaitu
meliputi faktor dari kesadaran orangtua yang kadang menyiapkan sarapan terlalu
siang dan juga beberapa siswa masih ada yang terlambat. Dari hasil penelitian ini
disarankan bahwa diharapkan kepada kepala sekolah Mts. Darut Thalibin untuk
bisa lebih meningkatkan kepemimpinannya dalam membentuk karakter disiplin
siswa.
Tidak tersedia versi lain