Text
Implementasi Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Optimalisasi Program Unggulan Di SMPN 1 Camplong Sampang
Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Program Unggulan
Kurikulum merupakan bagian terpenting dalam pendidikan. Bahkan
kurikulum bisa dikatakan sebagai otak atau pusat utama dalam pendidikan.
Keberadaannya tidak dapat dipisahkan karena keduanya memiliki keterikatan
yang erat. Kurikulum yang dimaksud berupa serangkaian program dalam sekolah
yang sengaja dilakukan oleh pihak lembaga pendidikan kepada peserta didik.
Dalam lembaga pendidikan tentu memiliki icon tersendiri sebagai bentuk daya
tarik bagi masyarakat yang hendak menempuh pendidikan. Salah satunya yakni
berbentuk program unggulan. Program unggulan menjadi salah satu hal yang
dapat menarik minat masyaarakat untuk melakukan pendidikan di suatu lembaga
pendidiksan.
Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan manajemen
kurikulum sebagai optimalisasi program unggulan di SMPN 1 Camplong
Sampang, kedua, apa saja faktor pendukung dalam optimalisasi program unggulan
di SMPN 1 Camplong Sampang dan ketiga apa saja faktor yang menghambat
optimalisasi program unggulan serta solusinya
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasinya
adalah kepala sekolah, guru bimbingan serta siswa/i SMPN 1 Camplong
Sampang. Sedangkan analisis data sebelum dan sesudah di lapangan dengan
pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan,
ketekunaan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan manajemen
kurikulum sebagai optimalisasi program unggulan di SMPN 1 Camplong
Sampang dilakukan dengan kepala sekolah yang melakukan kerjasama dengan
guru-guru dan tim pengembang yakni waka kurikulum. Setelah itu, pihak sekolah,
tim pengembang dan guru yang menjadi penanggung jawab. Kedua, faktor
pendukung dalam optimalisasi program unggulan di SMPN 1 Camplong Sampang
memiliki beberapa faktor diantara berbentuk motivasi yang diberikan oleh guru,
fasilitas atau sarana dan prasarana yang memadai serta guru-guru yang sesuai
dengan bidang ajarnya, dan ketiga faktor yang menghambat optimalisasi program
unggulan yakni disebabkan kepala sekolah yang selalu berganti-ganti sehingga
sistem selalu berubah-ubah, covid-19, serta faktor internal (keluarga) serta solusi
untuk dapat mengoptimalisasikan program tersebut yakni pihak guru harus segera
mungkin melakukan tindakan kepada peserta yang tidak mengikuti program
unggulan dengan melakukan kerjasama kepada guru BP/BK.
Tidak tersedia versi lain