Text
Upaya Guru PAI dalam Menerapkan Mading Keagamaan Untuk Meningkatkan Nilai-nilai Religius Siswa di SMPN 1 Pamekasan,
Kata Kunci: Upaya Guru, Guru PAI, Mading Keagamaan, Nilai Religius
Peran guru sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kemajuan pendidikan.
SMPN 1 Pamekasan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan
mading keagamaan guna meningkatkan nilai-nilai religius. Sebagai lembaga
pendidikan tentu memiliki upaya-upaya tersendiri dalam meningkatkan nilai-nilai
religius, salah satunya dengan penerapan mading keagamaan sebagai solusi yang
diterapkan di SMPN 1 Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana upaya guru PAI dalam
memotivasi siswa dalam menerapkan mading keagamaan di SMPN 1 Pamekasan?
Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan mading
keagamaan untuk meningkatkan nilai-nilai religius siswa di SMPN 1 Pamekasan?
Ketiga, bagaimana gambaran hasil upaya dalam meningkatkan nilai-nilai religius
siswa di SMPN 1 Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informasinya adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa SMP Negeri 1 Pamekasan.
Pengecekan keabsahan data yang dilakukan oleh penulis melalui perpanjangan,
keikutsertaan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, upaya guru PAI dalam
memotivasi siswa dalam menerapkan mading keagamaan di SMPN 1 Pamekasan
dengan cara memberikan pelajaran tentang bagaimanaa cara membuat karya dan
diberikan pemahaman tentang kegamaan oleh Guru PAI. Setelah itu diberikan
bimbingan dalam menulis materi, hadist, khot secara baik di mading.
Kedua, faktor pendukung dalam menerapkan mading keagamaan untuk
meningkatkan nilai-nilai religius siswa di SMPN 1 Pamekasan yaitu didukung oleh
kepala sekolah dengan adanya pelaksanaan kegiatan mading keagamaan, kemudian
adanya sarana dan prasarana. Bagi siswa kegiatan mading keagamaan sangat
bermanfaat untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam menumbuhkan ide melalui
karya berupa tulisan dan memahami materi keagamaan serta mengimplemetasikan
nilai-nilai religius. Sedangkan faktor penghambat dalam menerapkan mading
keagamaan untuk meningkatkan nilai-nilai religius siswa di SMPN 1 Pamekasan,
yaitu: sebagian siswa kurang kedisiplinan dalam membawa bahan-bahan yang
berkenaan dengan mading. Ketiga, gambaran hasil upaya dalam menerapkan
mading keagamaan yakni tumbuhnya kreatifitas siswa menulis di mading dan
kesadaran literasi siswa dalam menelaah beberapa tulisan. Setelah itu, guru menilai
hasil karya siswa yang diletakkan di mading dan memberikan hadiah sebagai
bentuk apresiasi.
Tidak tersedia versi lain